Teknologi
Senin, 23 November 2015 - 06:45 WIB

KLINIK ANDROID : Baterai HP Cepat Habis

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Android (JIBI/Dok)

Klinik Android diasuh oleh Founder Android Solo, Erwin Christanto. Klinik Android hadir di Solopos.com dan di HU Solopos edisi Minggu.

Salam Droid pembaca setia Solopos. Pada edisi kali ini saya akan menjawab beberapa email yang telah masuk. Agar jawaban lebih tepat mengenai sasaran, dimohon bagi yang bertanya mencantumkan Tipe/Merk HH (Handheld), OS Androidnya, Sudah di root atau belum? Serta pertanyaan yang lebih detail. Terima kasih

Advertisement

Tanya:

Mau tanya Mas, HP saya baterainya cepat habis, segala macam cara untuk hemat baterai sudah saya coba. Dari mematikan sync, mematikan Wifi, memakai aplikasi hemat daya, dll. Tetapi masih boros Mas. Sekadar info HP saya Advan S4K. Gimana solusinya Mas…? Terima Kasih.

Kiki pedia <dark02241@gmail.com>:

Advertisement

Jawab:

Salam droid juga Kiki,

Baterai Advan S4K hanya memiliki kapasitas sebesar 1300 MAh, oleh karena itu memang Anda harus pintar dalam manajemen aplikasi yang ada mengingat kapasitas baterainya yang relatif kecil. Memakai aplikasi hemat daya pun, saya rasa tidak akan memberikan solusi dari borosnya baterai Anda, bahkan akan menambah boros karena adanya aplikasi tambahan yang akan membutuhkan daya untuk aplikasi tersebut bisa jalan.

Advertisement

Oleh karena itu memang, saran saya adalah Anda bisa menonaktifkan aplikasi yang dirasa tidak harus dijalankan setiap saat (hari), selain itu coba anda jalankan kalibrasi baterai terlebih dahulu menggunakan aplikasi kalibrasi baterai, Anda download dan instal terlebih dahulu dari playstore.

Kalibrasi baterai akan membuat baterai dikembalikan ke kondisi yang optimal. setelah kalibrasi selesai, maka langkah terakhir adalah di dalam charging baterai Anda sebaiknya dalam kondisi HP mati dan jangan sampai HP sampai kehabisan baterai (mati) baru dicharge, karena hal itu akan membuat sel-sel di baterai anda cepat rusak.

 

Advertisement
Kata Kunci : Klinik Android
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif