News
Minggu, 22 November 2015 - 15:00 WIB

KONGRES HMI : Kongres Telan Rp7 M, 1.500 Anggota HMI Telantar dan Rusuh

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). (Antara)

Kongres HMI ke-29 di Pekanbaru diwarnai kericuhan akibat 1.500 peserta terlantar.

Solopos.com, PEKANBARU — Sekitar 1.500 orang anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dari beberapa provinsi telantar, saat acara Kongres HMI ke-29 yang menelan biaya Rp7 miliar tengah berlangsung di Pekanbaru, Minggu (22/11/2015).

Advertisement

Wakapolresta Pekanbaru AKBP Sugeng Putut Wicaksono mengatakan bahwa 2.500 anggota HMI dari seluruh Indonesia tengah berada di Pekanbaru untuk mengikuti kongres. Namun, Hotel Labersa tempat berlangsungnya acara hanya mampu menampung 1.000 orang.

“Akibatnya 1.500 orang terlantar. Anggota HMI sempat melakukan aksi demo anarkis karena tidak mendapatkan makanan dan tempat menginap,” katanya.

Massa yang diketahui dari HMI Makassar tidak terima ditelantarkan karena acara kongres itu menelan biaya Rp7 miliar. Di antara dana sebesar itu, Rp3 miliar di antaranya merupakan subsidi dari APBD Riau 2015. Massa melakukan aksi protes dengan membakar ban dan memblokir jalan dan merusak fasilitias GOR Gelanggang Remaja Pekanbaru, Sabtu (21/11/2015) malam.

Advertisement

AKBP Putut mengatakan aksi malam itu didamaikan oleh polisi. Massa membubarkan aksi setelah polisi memberikan makanan. “Siang ini, kami [polisi] mengirimkan 1.500 nasi bungkus untuk mahasiswa HMI yang terlantar itu,” katanya.

Seluruh anggota HMI yang terlantar itu diinapkan di beberapa tempat umum, seperti di GOR Gelanggang Remaja, Kampus Universitas Riau dan beberapa SPBU. Hingga kini, acara Kongres masih berlangsung. Wapres JK yang membuka acara telah bertolak dari Pekanbaru.

Sempat terjadi kerusuhan di pintu gerbang Hotel Labersa, sebelum Wapres JK meninggalkan acara. Namun, aparat berhasil membubarkan massa.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif