News
Minggu, 22 November 2015 - 01:45 WIB

KEGIATAN KAMPUS : UMS Rintis Jurnal Internasional

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gerbang UMS Solo (muslimdaily.net)

Kegiatan kampus UMS merintis adanya jurnal internasional.

Solopos.com, KARANGANYAR–Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merintis terbitnya jurnal internasional. Sejak 2012 Prodi Teknik Industri UMS telah memiliki Jurnal Ilmiah Teknik Industri UMS.

Advertisement

Pemimpin Redaksi Jurnal Ilmiah Teknik Industri UMS, Much. Djunaidi, mengatakan saat ini pengelola jurnal sedang mengajukan ke Badan Asesor Jurnal agar Jurnal Ilmiah Teknik Industri UMS meningkat statusnya menjadi jurnal nasional terakreditasi. “Pengajuan sudah kami lakukan beberapa waktu lalu. Saat ini kami sedang menunggu hasilnya. Semoga disetujui,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di sela-sela acara Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah yang digelar di Hotel The Alana, Karanganyar, Sabtu (21/11/2015).

Selama ini, ungkapnya, antusiasme dosen untuk menulis karya ilmiah terus meningkat. Hal itu salah satunya karena adanya aturan yang mewajibkan dosen untuk menulis karya ilmiah. Selanjutnya, tulisan ilmiah itu harus dipublikasikan di jurnal ilmiah. Namun kebanyakan dosen belum mau mempublikasikan hasil penelitiannya di Jurnal Ilmiah Teknik Industri UMS.

Alasannya karena jurnal tersebut belum terakreditasi. Kebanyakan dosen lebih senang mempublikasikan karyanya di jurnal yang terakreditasi. Hal itu menjadi pemikiran pengelola Jurnal Ilmiah Teknik Industri UMS untuk mengajukan lembaganya agar menjadi jurnal nasional terakreditasi.

Advertisement

Jika nanti sudah menjadi jurnal nasional terakreditasi, UMS berencana meningkatkan statusnya menjadi jurnal internasional.
“Ini sifatnya masih rintisan menuju jurnal internasional. Untuk menjadi jurnal internasioal yang terakreditasi memang tidak mudah. Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Tapi kami optimis bisa,” jelasnya.

Sebuah jurnal internasional, ungkapnya, umumnya mensyaratkan karya dipublikasikan dalam bahasa Inggris. Penulis jurnal juga disyaratkan harus berasal dari tiga benua. Namun menurutnya, hal itu bisa dicapai jika jurnal yang ada dikelola dengan baik dan terus ditingkatkan kualitasnya.

Terlebih, UMS telah menjalin kerja sama dengan berbagai universitas di dunia. Hal itu menjadi salah satu peluang kemudahan ketika UMS hendak menerbitkan jurnal internasional.
Kegiatan pelatihan penulisan jurnal ilmiah, ungkapnya, merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas penulisan jurnal ilmiah. Kegiatan tersebut diikuti 50 dosen dari berbagai perguruan tinggi di Pulau Jawa.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Kegiatan Kampus Ums
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif