Teknologi
Minggu, 22 November 2015 - 00:10 WIB

APLIKASI CHATTING : Telegram Blokir 78 Kanal Komunikasi ISIS

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (newsinitiative.org)

Aplikasi chatting ISIS

PARISTelegram mengonfirmasi pemblokiran terhadap 78 kanal yang diduga menjadi simpul komunikasi kelompok teroris ISIS. Langkah ini menjadi tindak lanjut atas laporan Middle East Media Research Institute.

Advertisement

Dilansir Mashable, Sabtu (21/11/2015), seperti diketahui Middle East Media Research Institute beberapa bulan silam mengklaim ISIS dan organisasi teroris lainnya berbagi informasi, termasuk tutorial tentang cara membuat senjata dan meluncurkan serangan siber, serta mengenai panggilan telepon untuk serangan dan pembunuhan melalui aplikasi itu.

“Kami terganggu dengan kabar bahwa kanal publik Telegram ini digunakan oleh ISIS untuk menyebarkan propaganda mereka,” tulis Telegram dalam pengumuman resminya di Blog.

Salah satu pendiri Telegram, Pavel Durov, dikenal sebagai Mark Zuckerberg versi Rusia dengan langkahnya memulai jejaring sosial VKontakte–sering disebut VK. Sebagai kritik terhadap pemerintah Rusia, Durov mendirikan Telegram di Berlin bersama dengan saudaranya Nikolai.

Advertisement

Kepada Tech Crunch, Pavel mengatakan bahwa ia ingin menciptakan suatu bentuk komunikasi yang tidak dapat diakses oleh badan-badan keamanan Rusia. Namun nyatanya, Telegram malah disalahgunakan oleh ISIS.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Telegram Teror Isis
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif