News
Sabtu, 21 November 2015 - 23:50 WIB

KTT ASEAN : Ini Usulan Presiden Jokowi

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi mengunjungi Riau, Jambi, dan Sumbar (Setkab.go.id)

KTT Asean dilangsungkan di Kuala Lumpur Malaysia.

Solopos.com, KUALA LUMPUR — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan kerja sama di bidang politik-keamanan, pariwisata, dan pendidikan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean Plus Three.

Advertisement

Presiden Jokowi, mengatakan negara-negara Asean bersama Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok perlu memperkuat kerja sama di bidang politik dan keamanan. Salah satu kerja sama yangbperlu ditingkatkan adalah penanggulangan kejahatan lintas negara, dan penanganan irregular migration.

“Perlu memperkuat kerja sama penanggulangan kejahatan lintas negara, dan menangani irregular migration, untuk menjamin stabilitas perdamaian dan keamanan yang kuat,” katanya di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (21/11/2015).

Di sektor pariwisata, Indonesia menyambut baik nota kerja sama atau memorandum of cooperation (MoC) terkait pariwisata oleh negara-negara Asean bersama Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan pada 2016.

Advertisement

Menurutnya, kerja sama pariwisata yang dilakukan oleh Asean Plus Three dapat meningkatkan devisa yang diterima negara-negara di kawasan Asia Tenggara dari sektor pariwisata.

“Kerja sama sektor pariwisata makan mendorong peningkatan kerja sama pariwisata, dengan harapan pencapaian target hingga US$3,5 triliun pada 2024,” ujarnya.

Adapun kerja sama sektor pendidikan yang didorong Indonesia dalam KTT Asean Plus Three, adalah pembentukan jejaring universitas di kawasan, untuk mengurangi kesenjangan kualitas pendidikan.

Advertisement

Presiden juga menekankan pentingnya kerja sama people to people contCt dengan merangkul lembaga think-tank, akademisi, dan masyarakat madani.

Advertisement
Kata Kunci : Ktt Asean
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif