Teknologi
Sabtu, 21 November 2015 - 00:00 WIB

GAME TERPOPULER : 6 Game Ini Bantu Anda Pecahkan Masalah Sulit

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Call of Duty (Gamespot)

Game terpopuler kali ini membahas enam permainan yang bisa membantu pengguna memecahkan masalah.

Solopos.com, JAKARTA — Desainer permainan realitas alternatif terkenal dunia, Jane McGonigal, ingin mengubah konsepsi orang tentang permainan video sebagai hiburan semata. Ia ingin game bisa membantu orang memecahkan masalah.

Advertisement

Dalam situs webnya, McGonigal ingin melihat desainer game bisa masuk nominasi di Nobel Perdamaian. “Tujuan pertama saya dalam hidup adalah melihat seorang desainer game masuk ke nominasi untuk Hadiah Nobel Perdamaian,” ujar McGonigal.

Dikutip dari Business Insider, Sabtu (21/11/2015), dia ingin orang-orang menyadari video game bisa menjadi alat yang kuat untuk meningkatkan perhatian, suasana hati, kekuatan kognitif, dan hubungan si pemain. Ternyata, hasil studi ada di pihaknya.

Advertisement

Dikutip dari Business Insider, Sabtu (21/11/2015), dia ingin orang-orang menyadari video game bisa menjadi alat yang kuat untuk meningkatkan perhatian, suasana hati, kekuatan kognitif, dan hubungan si pemain. Ternyata, hasil studi ada di pihaknya.

Studi menunjukkan, game terbaru Call of Duty dapat meningkatkan kemampuan kognitif sang pemain secara signifikan, lebih baik dari permainan asah otak yang memang dirancang khusus untuk hal tersebut, seperti permainan yang dikembangkan Luminosity.

Bahkan, penelitian North Carolina State University dan Florida State University menunjukkan, permainan mainstream yang diarahkan untuk hiburan dapat membantu meningkatkan perhatian, orientasi spasial dan kemampuan pemecahan masalah.

Advertisement

Berikut ini enam game terpopuler yang membantu pengguna memecahkan masalah seperti dihimpun dari Liputan6.com, Sabtu (20/11/2015).

Call of Duty

McGonigal mengatakan memainkan game terpopuler Call of Duty yang berkonsep first person shooter dapat membantu meningkatkan perhatian visual dan keterampilan kecerdasan spasial yang menghasilkan performa lebih baik di bidang sains, teknologi, teknik dan matematika.

Advertisement

Forza

Game terpopuler lain seperti Forza yang merupakan permainan balap mobil dapat membantu meningkatkan kemampuan untuk membuat keputusan yang akurat di bawah tekanan.

Grand Theft Auto

Advertisement

Memainkan peran sebagai penjahat di salah satu game terpopuler Grand Theft Auto dapat membantu melatih Anda untuk memproses informasi secara lebih cepat dan melacak informasi lebih lanjut sampai tiga kali lebih banyak daripada orang yang bukan pemain di bawah tekanan tinggi.

StarCraft

Game terpopuler seperti StarCraft yang juga merupakan permainan fiksi ilmiah juga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah imajiner dan kehidupan nyata. Hal itu dimungkinkan karena permainan tersebut mengajarkan pemainnya untuk merumuskan dan melaksanakan rencana strategis.

Mass Effect

Permainan yang membutuhkan pemikiran strategis, seperti permainan fiksi ilmiah berkonsep third-person shooter Mass Effect, juga menguji dan memperbaiki keterampilan Anda dalam mengumpulkan informasi.

Final Fantasy

Terakhir, game terpopuler Final Fantasy yang berkonsep role playing game atau RPG dapat membantu melatih Anda untuk mengevaluasi pilihan lebih cepat dan lebih akurat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif