News
Jumat, 20 November 2015 - 23:20 WIB

Kisah Anak Petani Masuk UNY Lewat Jalur Bidikmisi Berhasil Berhasil Raih IPK 3,92

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Fitarahmawati. (JIBI/Harian Jogja/Joko Nugroho)

Kisah anak petani masuk UNY lewat jalur bidik misi bisa menjadi inspirasi bagi pembaca

Harianjogja.com, SLEMAN – Seorang mahasiswa penerima bidikmisi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) 2013, Fitarahmawati menorehkan prestasi yang membanggakan. Dia memperoleh indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,92.

Advertisement

Putri sulung Ngusman dan Wulaningsih yang berprofesi sebagai petani ini diterima di prodi pendidikan biologi Fakultas MIPA UNY melalui jalur SBMPTN. Warga desa Kreo, Kalijajar, Wonosobo tersebut mengaku didukung oleh orangtuanya untuk kuliah.

“Namun seandainya tidak mendapatkan beasiswa harus mau kuliah di mana saja yang orangtua mampu membiayai” ujar Fita, sapaan akrabnya di Kampus UNY, Kamis (19/11/2015).

Bersyukur dia diterima di UNY melalui jalur bidikmisi sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pendidikannya. Fita mengaku suka biologi karena terinspirasi oleh guru biologi saat irinya ada di bangku SMP.

Advertisement

“Penerapannya luas pada kehidupan keseharian. Contohnya memilih makanan yang baik, pola hidup atau kesehatan,” kata Fita.

Gadis kelahiran Wonosobo, 6 Juni 1995 itu selalu mengerjakan tugas minimal satu jam sehari. Selain itu dia juga selalu mencatat apa yang disampaikan dosen dan bertanya apabila ada hal yang belum dipahami.

Alumni MAN Kalibeber Wonosobo itu selain aktif dalam organisasi mahasiswa Hima Biologi FMIPA dan HMI UNY, juga berhasil membuat sejumlah program kreativitas mahasiswa, diantaranya tepung belimbing wuluh sebagai obat diabetes dan batik bermotif anatomi daun pinus sebagai inovasi keindahan batik biologi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif