Entertainment
Kamis, 19 November 2015 - 14:10 WIB

KABAR ARTIS : Dokter: Charlie Sheen Hanya Idap HIV, Bukan AIDS!

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Charlie Sheen, aktor yang divonis HIV/AIDS. (Istimewa)

Kabar artis senior Hollywood Charlie Sheen divonis HIV dibenarkan sendiri oleh sang artis.

Solopos.com, LOS ANGELES – Aktor senior, Charlie Sheen, akhirnya mengakui dirinya mengidap HIV. Meski begitu, diagnosis dokter belum menyebutkan dirinya mengidap AIDS.

Advertisement

“Charlie tidak kena AIDS. Ia sehat dan tak terkena AIDS,” tegas Associate Clinical Professor of Medicine, UCLA, Amerika Serikat, dr. Robert Huizenga.

Pernyataan ini menjadi jawaban atas dugaan publik yang menyangka Charlie juga terkena AIDS.

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sel darah putih di dalam tubuh (limfosit) yang mengakibatkan turunnya kekebalan tubuh manusia. Orang yang dalam darahnya terdapat virus HIV dapat tampak sehat dan belum membutuhkan pengobatan seperti ditulis dalam laman resmi Komisi Penanggulangan AIDS.

Advertisement

Pengobatan antiretroviral menekan laju perkembangan virus HIV di dalam tubuh sehingga orang dengan infeksi HIV dapat kembali ‘sehat’ atau ‘bebas gejala’. Namun virus HIV masih ada di dalam tubuhnya dan tetap bisa menularkan pada orang lain.

Sementara AIDS merupakan kepanjangan Acquired Immune Deficiency Syndrome, yakni sekumpulan gejala penyakit yang timbul karena turunnya kekebalan tubuh. AIDS disebabkan oleh infeksi HIV. Akibat menurunnya kekebalan tubuh pada seseorang maka orang tersebut sangat mudah terkena penyakit seperti TBC, kandidiasis, berbagai radang pada kulit, paru, saluran pencernaan, otak dan kanker.

Stadium AIDS membutuhkan pengobatan Antiretroviral (ARV) untuk menurunkan jumlah virus HIV di dalam tubuh sehingga bisa sehat kembali seperti dikutip pada Rabu (18/11/2015).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif