Lifestyle
Minggu, 15 November 2015 - 07:10 WIB

WISATA SOLORAYA : Pantai Nampu: Pantai Pasir Putih Wonogiri yang Eksotis

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pantai Nampu di Wonogiri. (Mariyana Ricky P.D./JIBI/Solopos/ilustrasi)

Wisata Soloraya kali ini hadir dari pantai pasir putih Nampu di Wonogiri.

Solopos.com, WONOGIRI – Holiday kali ini bakal kembali mengajakmu berwisata ke pantai. Berbicara mengenai pantai pasir putih di sekitar Kota Solo, pasti ingatan akan membawamu ke Jogja, tepatnya di Gunung Kidul. Tapi, tahukah kamu kalau Wonogiri juga punya pantai pasir putih yang eksotik? Terletak di Desa Dringo, Keluarahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, pantai ini punya garis pantai yang cukup panjang untuk menikmati pasir putihnya.

Advertisement

Dari Kecamatan Wonogiri, pantai ini dapat ditempuh dengan berkendara sekitar 70 kilometer. Pantai ini letaknya bersebelahan dengan Pantai Banyu Tibo, Pacitan, Jawa Timur. Pantai Nampu sedikitnya memiliki tiga bagian yang terpisah oleh bukit. Solopos.com berkesempatan mengunjungi bagian pantai utama lantaran lebih mudah diakses. Untuk menuju ke pantai utama, hanya perlu berjalan kaki menuruni bukit lewat tangga yang telah tersedia.

Sebelum menuruni tangga, pemandangan deretan bukit hijau berikut samudera biru luas langsung menjadi santapan mata. Kala itu, tidak ada seorang pun di pantai sehingga pemandangan tersebut jadi milik sendiri. Pantai Nampu tampak bersih, tidak ada sampah yang menumpuk di sekitaran garis pantai. Hanya ada sejumlah gubuk milik pedagang yang sudah ditinggalkan.

Saat menyentuh pinggir pantai, deburan ombak terdengar riuh dan ramai. Pantai ini cocok untuk berbasah-basah ria sambil menyusun istana pasir serta menikmati sebutir air kelapa muda dingin. Kondisi pantai tersebut masih alami dan belum tampak adanya perubahan. Ciri salah satu pantai di Wonogiri ini adalah ombak besar yang menghadap langsung Samudera Hindia dan karang kecil di sekitarnya. Tumbuhan pandan berduri membikin pantai ini berbeda dari yang Pantai Selatan lain.

Advertisement

Untuk menikmati keindahan Pantai Nampu, pengunjung bakal dimintai tiket masuk sekitar Rp1.000 dan biaya parkir Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk roda empat. Dikelola oleh masyarakat setempat, tarif tersebut sepertinya enggak terlalu mahal. Di sekitar pantai, penduduk lokal telah membuka layanan sewa kamar mandi. Sehingga jika kepengin berbasah ria, Anda dapat berganti pakaian dan membersihkan diri di salah satu toilet tersebut.

Sedangkan fasilitas warung makan, tak banyak yang buka saat hari biasa. Sehingga apabila berkunjung saat weekdays, ada baiknya Anda membawa bekal dari rumah. Siapkan minuman, makanan, atau bekal lain untuk menemanimu saat menikmati indahnya Pantai Nampu. Fasilitas lain di pantai ini adalah beberapa spot menarik untuk mendirikan tenda. Kemping tentu cocok bagi pemburu pantai yang pengin menikmati sunset maupun sunrise di salah satu pantai di Wonogiri ini.

Agenda setelah berkemping atau pagi harinya adalah menyusuri bagian dari Pantai Nampu lain. Berdasarkan informasi, untuk menikmati sisi lain dari bagian utama pantai, Anda hanya perlu sedikit trekking menyusuri jalan setapak bukit. Nah, sebelum musim penghujan benar-benar tiba, agendakan salah satu hari libur Anda untuk berkunjung ke tempat ini, ya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif