Lifestyle
Minggu, 15 November 2015 - 19:00 WIB

TIPS KESEHATAN : 4 Bahan Ini Ampuh Obati Kulit Kudisan

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kulit kudisan (Healthdoyen.com)

Tips kesehatan kali ini mengulas empat bahan yang bisa digunakan untuk obat kudis.

Solopos.com, SOLO — Kulit kudisan bisa diobati dengan empat bahan yang akan diulas di tips kesehatan kali ini, Minggu (15/11/2015).

Advertisement

Sebagaimana dilansir Boldsky, kudis merupakan salah satu penyakit kulit menular yang bisa muncul di lutut, sela-sela jari, punggang, siku, dan lengan.

Orang yang kudisan akan merasa gatal dan sakit pada ruam kudisnya. Tentu saja, hal ini bisa mengganggu aktivitas seseorang bila tak segera diobati.

Terkait dengan itu, ada empat bahan yang ampuh menghilangkan kudis. Empat bahan tersebut adalah daun mimba, kunyit, lidah buaya, dan cuka.

Advertisement

Daun Mimba
Daun mimba efektif menyembuhkan kudis. Hal tersebut karena daun mimba mengandung zat antijamur dan antibakteri. Daun mimba ini juga bisa mengurangi gatal.

Cara menggunakan daun mimba ini adalah dengan mengahaluskan daun mimba, lalu oleskan di kulit yang kudisan. Diamkan selama beberapa waktu, kemudian bilas. Daun mimba ini banyak terdapat di daerah Hindustan, Madhya Pradesh, India.

Kunyit
Kunyit bersifat antiseptik dan antiinflamasi. Maka dari itu, kunyit efektif meredakan kudis. Haluskan kunyit bersama beberapa tetes lemon, sehingga menjadi pasta. Oleskan kunyit yang telah dihaluskan tersebut pada kulit dan bilas setelah beberapa saat didiamkan.

Advertisement

Lidah Buaya
Lidah buaya atau aloe vera memiliki kandungan antimikroba yang mempercepat proses penyembuhan kudis. Gunakan bagian gel lidah buaya pada kulit kudisan. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.

Cuka
Cuka bisa membuat perubahan tingkat ph kulit. Perubahan ph kulit oleh asam cuka ini bisa membuat bakteri penyebab kudis mati.

Oleskan cuka pada kulit kudisan dengan menggunakan kapas. Untuk hasil maksimal, oleskan cuka dua kali sehari.

Advertisement
Kata Kunci : Tips Kesehatan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif