Sport
Minggu, 15 November 2015 - 04:30 WIB

KEJUARAAN BASKET : Disdikpora Solo Segera Gelar Kejurkot Pelajar SMA

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Kejuaraan basket antarpelajar bakal digelar di Solo.

Solopos.com, SOLO – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo berencana menggelar kejuaraan basket antarpelajar. Hal itu dilakukan demi menyambut Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Soloraya 2016.

Advertisement

Disdikpora Kota Solo sendiri sudah menggelar sederet kejuaraan sejak Oktober 2015 lalu, seperti cabang sepak bola, karate, pencak silat, taekwondo dan voli. Kini Disdikpora Kota Solo pun berencana menyelenggarakan kejuaraan di cabang olahraga basket. Kejuaraan yang diikuti 16 tim pelajar putra di tingkat SLTA/Sederajat se-Kota Solo itu akan digulirkan di Gedung Olahraga SMK Kolese Santo Mikael Solo, Senin-Selasa (16-17/11/2015).

Ketua Panpel Kejuaraan, Aris Widaryanto, mengaku kejuaraan ini digelar sebagai salah satu agenda penjaringan pemain untuk tim basket putra proyeksi Popda SMA 2016. Dengan penjaringan sejak awal, ia berharap pada 2016 nanti prestasi tim basket putra mengalami peningkatan.

“Tahun lalu, kami gagal menembus putaran Jateng setelah di final karesidenan kalah sama Klaten. Semoga dengan persiapan lebih awal kami bisa memperbaiki catatan prestasti itu,” ujar Aris saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (14/11).

Advertisement

Aris menyatakan kejuaraan basket antarpelajar SMA se Solo sebenarnya sudah digelar secara rutin setiap tahunnya. Hanya saja kali ini, kejuaraan menggunakan sistem pertandingan yang berbeda dengan tahun lalu.

Jika tahun lalu, sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi hingga memakan waktu selama tiga bulan. Kini, sistem pertandingan dipersingkat dengan menggunakan sistem gugur.

“Tahun lalu yang berhasil menjadi juara adalah SMA Regina Pacis Ursulin. Tahun ini kemungkinan persaingan lebih ketat karena kekuatan setiap tim sudah mulai merata,” imbuh Aris.

Advertisement

Dalam kejuaraan kali ini, SMA Regina Pacis atau Regpac memang kembali dijagokan. Prediksi ini tak terlepas dari gelar juara Honda DBL Region Solo yang baru saja mereka raih, medio Agustus lalu.

Meski demikian, Aris menilai SMA Muhammadiyah 1 Solo dan SMK Kolese Mikael juga layak diperhitungkan. Kondisi ini tak terlepas dari persiapan kedua tim itu guna mengikuti turnamen ini. Terlebih lagi, untuk menghadapi kejuaraan ini, SMK Kolese Mikael juga menggandeng pelatih UNS, Yulius Dobby, sebagai pelatihnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif