News
Minggu, 15 November 2015 - 21:30 WIB

HIV/AIDS INDONESIA : 1.600 Pria di Sukabumi Suka Hubungan Sejenis

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - HIV/AIDS (JIBI/Dok)

HIV/AIDS di Indonesia mengkhawatirkan.

Solopos.com, SUKABUMI — Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Sukanumi, Jawa Barat (Jabar) belum lama ini melakukan pendataan. Hasilnya, 1.600 lebih pria Sukabumni berorientasi suka lelaki alias hubunga sejenis.

Advertisement

“Jumlah ini lebih rendah dibandingkan data dari pemerintah pusat yang menyebutkan ada 6.000 lelaki suka lelaki atau LSL padahal dari fakta dan data hanya ada 1.600 orang,” kata Ketua KPA Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, di Sukabumi, Minggu (15/11/2015) sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara.

Menurut dia, data tersebut bertujuan antisipasi penularan penyakit menular berbahaya khususnya HIV, karena kelompok masyarakat seperti lelaki suka lelaki (LSL) ini paling rentan tertular penyakit yang belum ada obatnya itu.

 Dengan adanya data ini, akan lebih mempermudah mendata dan memeriksa kesehatan kepada para LSL di Kota Sukabumi. Jika nanti ditemukan ada yang positif HIV/AIDS maka akan langsung mendapatkan terapi dan diberikan penyuluhan agar mereka tidak lagi menularkan penyakit yang diidapnya itu.
“Keberadaan mereka tersebar hampir di seluruh kecamatan, namun mayoritas di pusat kota dan mudah ditemukan di pusat keramaian seperti mall dan tempat hiburan malam,” tambahnya.
Advertisement

Fahmi mengatakan, pihaknya tidak hanya mendata jumlah LSL tetapi memberikan pemahaman agar orientasi seks yang menyimpangnya itu bisa secara perlahan disembuhkan, walaupun harus diakui memang sulit. Tetapi dengan memberikan pemahaman tentang agama diharapkan mereka bisa sembuh dari kelainannya itu.

“Dari data tersebut tidak hanya warga Kota Sukabumi saja, tetapi ada warga dari luar daerah yang menetap atau tinggal di Kota Sukabumi seperti menjadi karyawan atau membuka usaha sendiri,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : HIV/AIDS Indonesia
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif