Otomotif
Minggu, 15 November 2015 - 10:30 WIB

BURSA MOBIL : Kalah dari Ertiga, Mobilio Setop Produksi di India

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Honda Mobilio. (Liputan6.com)

Bursa mobil India segmen MPV kurang bersahabat bagi Honda Mobilio.

Solopos.com, MUMBAI –  Pamor Honda Mobilio di bursa mobil Indonesia bisa dibilang baik. Popularitasnya bahkan mampu menyaingi Toyota Avanza. Tetapi kondisi Mobilio di India berbeda 180 derajat. Honda India bahkan sudah menyetop produksi mobil tujuh penumpang itu.

Advertisement

Dalam data penjualan bursa mobil India yang dikutip Solopos.com dari laman Autoportal, Sabtu (14/11/2015), penjualan mobil Honda Mobilio selama setahun terakhir tidak pernah menyentuh angka 3.600 unit per bulan.

Bahkan dalam tiga bulan terakhir, penjualannya tidak sampai 1.000 unit per bulan dan terus menurun. Sepanjang Juli 2015, mobil tipe multi purpose vehicle (MPV) itu hanya terjual 909 unit. Angka tersebut turun menjadi 899 unit pada Agustus dan anjlok ke 643 unit pada September.

Saking buruknya penjualan, Honda Cars India Ltd selaku pemegang merek mobil Honda di India mengumumkan menghentikan produksi Mobilio mulai Oktober lalu. Akan tetapi tidak dijelaskan setop produksi itu bersifat sementara atau permanen.

Advertisement

Lantas siapa raja bursa mobil India segmen MPV? Jawabannya ada dua mobil, yaitu Suzuki Ertiga dan Toyota Innova. Selama 12 bulan terakhir, dua mobil beda pabrikan itu saling susul-menyusul dengan rata-rata penjualan 5.000-6.000 unit per bulan.

Sebagai informasi, Honda Mobilio generasi pertama diproduksi pada 2001 hingga 2008. Generasi kedua Mobilio muncul 2013 melakukan debut dunia di Indonesia. Beberapa bulan kemudian, mobil dengan tiga baris kursi itu juga diperkenalkan di bursa mobil India.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif