Teknologi
Sabtu, 14 November 2015 - 04:00 WIB

TABLET TERBARU : 3 Komitmen Intel di Pasar Tablet Tanah Air

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Peluncuran Tablet Mito-Intel (Detik)

Tablet terbaru telah diluncurkan Mito T35 Fantasy bersama Intel.

Solopos.com, JAKARTA — Dalam salah satu sesi di peluncuran tablet terbaru Mito T35 Fantasy, Rabu (11/11/2015), di Jakarta, Channel Business Director Intel Indonesia, Hermawan Sutanto,  mengungkapkan Intel memiliki 3 komitmen untuk pasar tablet di Indonesia.

Advertisement

Pertama, Intel berupaya untuk mendorong pertumbuhan pasar tablet di Indonesia. Diungkapkan Hermawan, pasar tablet di Indonesia terbilang bagus.

“Menurut data International Data Corporation (IDC), pasar tablet di Indonesia tumbuh sebesar 8%. Jadi kami melihat hal ini sebagai peluang yang bagus untuk digarap,” ujarnya seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (12/11/2015).

Advertisement

“Menurut data International Data Corporation (IDC), pasar tablet di Indonesia tumbuh sebesar 8%. Jadi kami melihat hal ini sebagai peluang yang bagus untuk digarap,” ujarnya seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (12/11/2015).

Kemudian, selain ada peluang, di Indonesia juga banyak perusahaan-perusahaan yang dapat diajak untuk menjalin kemitraan dengan Intel dalam pembuatan tablet terbaru.

Kedua, lanjut Hermawan, untuk bermain di pasar tablet terbaru, Intel memiliki modal teknologi terkini antara lain berupa first integrated communications system-on-chip (SoC).

Advertisement

Terakhir, kerja sama dengan Mito sebagai pabrikan lokal, merupakan salah satu bentuk konkret dukungan Intel terhadap pabrikan lokal.

“Mungkin ke depannya kami menunggu undangan dari Mito untuk menghadirkan perangkat 4G karena Intel sendiri sudah siap dan mendukung teknologi tersebut,” tambahnya.

Dikutip dari Detik, Kamis, Intel menyebut kalau prosesor Atom X3 adalah System on Chip (SoC) komunikasi pertamanya. Padahal produsen chip lain seperti Qualcomm dan Mediatek sudah sejak lama memiliki jenis SoC tersebut. Hermawan Sutanto, beralasan, ini lantaran mengikuti fase roadmap yang sudah ditetapkan perusahaan.

Advertisement

“Bukannya baru sekarang, namun kita menunggu fasenya. Sekarang sudah memasuki fasenya untuk kita membuat SoC komunikasi sendiri. Ini juga baru awalnya, dalam waktu dekat kami sudah menyiapkan SoC yang lebih baik lagi, Atom X5 dan Atom X7,” ujar Hermawan di De Leila Resto & Lounge, FX Sudirman, Jakarta.

Kalau Atom X3 mengincar segmen bawah, Atom X5 dan Atom X7 dipersiapkan Intel untuk bersaing di kelas menengah dan atas yang kini dikuasai Qualcomm. Namun, Hermawan belum bisa mengatakan kapan Atom X5 dan X7 hadir di Indonesia. Sebab masih menunggu vendor yang tertarik membenamkan di perangkatnya.

Demikian, Intel telah menyiapkan versi lanjutan dari Atom X3 yang kelebihannya terletak di dukungan teknologi 4G. Bahkan Hermawan pede menyebut perangkat berbasis Atom X3 4G bakal hadir sekitar awal tahun 2016.

Advertisement

“Soal kehadiran Atom X5 dan Atom X7 di Indonesia bergantung pada ketertarikan vendor. Kita tak bisa hanya menjual SoC-nya saja, harus dalam bentuk perangkat. Namun untuk awal tahun ini kita pastikan Atom X3 versi 4G,” pungkas Hermawan.

Advertisement
Kata Kunci : Intel Mito Tablet Terbaru
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif