Teknologi
Jumat, 13 November 2015 - 11:00 WIB

SMARTPHONE TERBARU : Ezismart Dibikin Khusus Manula

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Smartphone Ezismart (Ubergizmo)

Smartphone terbaru Ezismart dikembangkan untuk manusia lanjut usia.

Solopos.com, SOLO — Beberapa smartphone kini tak lagi didominasi kaum muda atau anak baru gede (ABG). Smartphone terbaru khusus orang tua atau manula saat ini sedang dikembangkan oleh pengusaha startup asal Inggris, Richard Chan.

Advertisement

Seperti dikutip dari Engadget, Kamis (12/11/2015), selain Richard, sebenarnya Samsung dengan ponsel pernah membikin perangkat serupa bernama Samsung Master dan Fujitsu yang membikin Raku Raku. Untuk smartphone terbarunya, Richard Chan memberi nama Ezismart.

Berbeda dengan ponsel masa kini yang tombolnya kecil atau touchscreen, smartphone terbaru Ezismart memiliki ikon, teks, dan tombol yang besar. Tombol-tombol besar itu digunakan agar penguna berusia lanjut bisa menggunakannya dengan mudah.

Saat ini smartphone terbaru Ezismart masih dalam tahap pengembangan. Richard Chan membikin Ezismart karena ibunya yang sudah lanjut usia dan terkena stroke.

Advertisement

Smartphone terbaru Ezismart dibuat dengan model flip atau lipat. Keyboardnya juga bukan touchscreen tapi keyboard fisik biasa seperti feature phone.

Tombol keyboard smartphone terbaru Ezismart yang besar bisa digunakan untuk manula yang sudah kehilangan daya penglihatannya. Saat digunakan untuk mengetik pesan atau SMS juga aman.

Belum jelas apa saja spesifikasi dari smartphone terbaru Ezismart. Namun, Ezismart memiliki berbagai aplikasi menarik yang mempermudah pengguna dalam mengoperasikannya.

Advertisement

Smartphone terbaru Ezismart memiliki aplikasi Ezilaunch memiliki tiga format, yang memiliki fitur kontak, foto, panggilan, pesan singkat, email, SMS sampai browser.

Di dalam aplikasi Ezilaunch juga memiliki tombol darurat SOS atau In Case Emergency (ICE). Tombol pengamanan tersebut terhubung dengan panggilan suara dan SMS apabila penggunanya dalam bahaya.

Di fitur Ezilaunch ada GPS yang digunakan sebagai petunjuk arah. Dalam pembuatan smartphone terbaru Ezismart, Richard Chan bekerja sama dengan dengan peneliti SINTEF.

Belum diketahui dengan pasti jadwal perilisan dan harga smartphone tebaru Ezismart untuk orang tua itu. Bisa jadi ponsel pintar itu akan meluncur tahun depan.

Advertisement
Kata Kunci : Smartphone Terbaru
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif