News
Jumat, 13 November 2015 - 15:15 WIB

KEBAKARAN HUTAN : Restorasi Lahan Gambut Ditarget Kelar 5 Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lahan Gambut di Kalimantan (JIBI/Bisnis/Dok)

Kebakaran hutan menghanguskan ribuan hektare lahan gambut dan pemerintah berupaya merestorasinya.

Solopos.com, JAKARTA – Restorasi lahan gambut ditargetkan terealisasi dalam kurun waktu lima tahun.

Advertisement

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebutkan setidaknya tiga ribu hektare lahan hutan gambut harus direstorasi dengan baik dan dikembalikan sesuai fungsinya.

“Pemerintah telah menetapkan penyelesaian masalah kebakaran, khususnya gambut yang sulit direstorasi. Itu harus selesai dalam waktu lima tahun ke depan, itu targetnya,” ujar JK dalam pembukaan acara International Experts Roundtable Discussion (IRTD) di Jakarta, Jumat (13/11/2015).

Sebagai langkah awal, pemerintah menyelenggarakan pertemuan para ahli yang terkait restorasi lahan gambut untuk mendiskusikan solusi penanganan lahan tersebut.

Advertisement

Menurut Kalla, pemerintah membutuhkan kontribusi para ahli dalam dan luar negeri, terutama terkait pandangan, metode, pengetahuan, dan sistem terbaik yang disepakati bersama untuk mengatasi persoalan restorasi gambut.

“Kami mencari metodologi yang disepakati terbaik dari para ahli internasional yang punya pengalaman,” katanya.

Pihak-pihak yang hadir dalam diskusi tersebut di antaranya perwakilan lembaga pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), lembaga swadaya masyarakat (NGO), dan perwakilan negara Norwegia yang berniat memberi bantuan restorasi lahan gambut.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif