Lifestyle
Kamis, 12 November 2015 - 20:35 WIB

SURVEI WISATA : Ini 10 Negara Makmur Bikin Betah Turis, Indonesia Peringkat Ke-69

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kawasan Gunung Bromo (JIBI/Solopos/Dok)

Survei wisata yang dilakukan Legatum Institute Inggris menunjukkan 10 negara makmur yang membuat betah turis.

Solopos.com, JAKARTA — Legatum Institute Inggris belum lama ini merilis hasil survei wisata mengenai negara yang makmur bikin betah turis atau wisatawan asing untuk berwisata di negara itu.

Advertisement

Dikutip Detik yang dilansir dari CNN Travel, Selasa (10/11/2015), Indonesia berada di peringkat 69 naik 21 peringkat dibanding tahun sebelumnya. Survei Prosperity Index Legatum Institute Inggris merupakan penilaian tahunan terhadap 142 negara terkait negara-negara makmur di dunia.

Ada 89 variabel penilaian yang dibagi dalam delapan subindeks, yakni ekonomi, kewirausahaan, pemerintahan, pendidikan, kesehatan, keselamatan dan keamanan, kebebasan pribadi, dan kehidupan sosial. Bisa dibilang, inti penilaiannya adalah pada kepercayaan antar individu, kebebasan berkespresi dan kepuasan terhadap standar hidup.

Selama tujuh tahun survei berturut-turut, Norwegia berada di peringkat pertama. Kehidupan di Norwegia dinilai paling sejahtera, masyarakatnya hidup penuh damai dan perekonomian baik.

Advertisement

Peringkat 10 besar pun masih didominasi oleh negara-negara Skandinavia dan negara-negara di Eropa. Sebut saja, Swedia, Finlandia dan Denmark, lalu Belanda, Irlandia dan Swiss. Di luar Eropa, ada Australia, Selandia Baru dan Kanada. Bicara soal pariwisata, negara-negara tersebut pun punya beragam destinasi dari alam sampai sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Indonesia berada di peringkat ke-69. Indonesia dinilai menunjukan progres yang bagus dan terus naik peringkatnya. Setidaknya, Indonesia sudah pelan-pelan naik 21 peringkat.

Berikut, 10 negara makmur di dunia versi Legatum Institute:

Advertisement

1. Norwegia
2. Swiss
3. Denmark
4. Selandia Baru
5. Swedia
6. Kanada
7. Australia
8. Belanda
9. Finlandia
10. Irlandia
69. Indonesia

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif