Soloraya
Kamis, 12 November 2015 - 12:35 WIB

LALU LINTAS SUKOHARJO : 110 Pembatas Jalan Dipasang di Kawasan Solo Baru

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pekerja memasang pembatas jalan berbahan plastik bermuatan air atau road barrier di Jl. Ir. Soekarno, kawasan Solo Baru, Sukoharjo, Rabu (11/11/2015). (Bony Eko Wicaksono/JIBI/Solopos)

Lalu lintas Sukoharjo lebih aman dengan pemasangan road barrier.

Solopos.com, SUKOHARJO – Dinas Perhubungan, Informatika dan Komunikasi (Dishubinfokom) Sukoharjo memasang 110 buah pembatas jalan berbahan plastik bermuatan air atau road barrier di tiga ruas jalan. Pemasangan road barrier dilakukan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Advertisement

Kepala Bidang (Kabid) Pengendali Operasi Dishubinfokom Sukoharjo, Joko Waluyo, mengatakan road barrier dipasang di tiga ruas jalan yakni Jl Ir. Soekarno, Jl. Jenderal Sudirman dan Jl. Raya Telukan. Menurut dia, tiga ruas jalan itu rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Road barrier lebih aman dipasang di ruas jalan dibanding bambu cone,” kata dia saat ditemui wartawan di kawasan Solo Baru, Rabu (11/11/2015).

Advertisement

Road barrier lebih aman dipasang di ruas jalan dibanding bambu cone,” kata dia saat ditemui wartawan di kawasan Solo Baru, Rabu (11/11/2015).

Mayoritas road barrier dipasang di sepanjang jalan raya Telukan dan Jl. Jenderal Sudirman. Selama ini, kerap terjadi kecelakaan lalu lintas yang merenggut nyawa pengguna kendaraan bermotor di kedua ruas jalan itu.

Sementara pemasangan road barrier di Jl. Ir. Soekarno lantaran volume kendaraan bermotor yang melewati ruas jalan itu sangat tinggi.

Advertisement

Untuk tahap awal, pihaknya memasang road barrier di tiga ruas jalan. Pemasangan road barrier akan dilakukan secara bertahap terutama di lokasi rawan kecelakaan lalu lintas di wilayah Sukoharjo.

Dengan dipasangnya road barrier, para pengguna kendaraan bermotor tak dapat berbelok seenaknya yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Joko mengaku telah berkoordinasi dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukoharjo untuk memasang road barrier di tiga ruas jalan.

Advertisement

“Kami berharap para pengguna kendaraan bermotor lebih tertib saat berada di jalan raya. Aturan lalu lintas harus dipatuhi,” tutur Joko.

Saat ini, lanjut Joko, ia tengah melakukan pendataan lokasi rawan kecelakaan lalu lintas lainnya seperti di Kecamatan Gatak, Kartasura dan Nguter. Tahun depan, road barrier tak hanya dipasang di jalan protokol melainkan di jalan kabupaten yang terletak di perdesaan.

Di sisi lain, Kanit Dikyasa SatLantas Polres Sukoharjo, Ipda Tri Mulyana, mewakili Kasat Lantas Polres Sukoharjo, AKP Maryadi, mengatakan jalur dari Jembatan Bacem-Simpang Empat Bulakrejo kerap terjadi kecelakaan lalu lintas.

Advertisement

Karena itu, ia memasang bambu cone di sepanjang Jl Raya Telukan. Kini, bamboo cone diganti dengan memasang road barrier yang lebih kuat.

Road barrier tidak bisa dipindahkan karena terlalu berat sehingga para pengguna kendaraan bermotor tak bisa lagi berbelok seenaknya,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif