Soloraya
Rabu, 11 November 2015 - 11:15 WIB

REVITALISASI PASAR PUCANGSAWIT SOLO : Pedagang di Pasar Kreatif Ditarik Sewa Rp2 Juta/Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pasar Pucangsawit Solo (JIBI/Solopos/Dok.)

Revitalisasi Pasar Pucangsawit Solo yakni berupa pasar kreatif di lantai II banyak diminati masyarakat.

Solopos.com, SOLO — Pedagang di Pasar Kreatif Pasar Pucangsawit Solo akan ditarik uang sewa senilai Rp2 juta per kios per tahun.

Advertisement

Pantuan di lantai II Pasar Pucangsawit, Selasa (10/11/2015), renovasi lantai II pasar yang memakan anggaran senilai Rp190 juta tersebut sudah hampir 80%. Dinding kios tersebut sudah terpasang dan tinggal memasang pintu. Selain itu, beberapa wastafel juga telah terpasang.

Inisiator Pasar Kreatif Pucangsawit, Miftah Farid Widagdo, mengatakan satu kios di pasar kreatif tersebut disewakan dengan harga Rp2 juta/tahun. Saat ini, 18 kios yang disediakan Pemkot di pasar tersebut sudah ada calon pedagang yang menempati.

Advertisement

Inisiator Pasar Kreatif Pucangsawit, Miftah Farid Widagdo, mengatakan satu kios di pasar kreatif tersebut disewakan dengan harga Rp2 juta/tahun. Saat ini, 18 kios yang disediakan Pemkot di pasar tersebut sudah ada calon pedagang yang menempati.

Miftah mengatakan sewa kios tersebut sudah disosialisasikan kepada seluruh calon penyewa kios. Pemkot memberi keringanan untuk tidak membayar uang sewa di awal pembukaan pasar. Namun, penyewa bisa membayar saat pasar sudah mulai berjalan.

“Kami menyanggupi untuk membayar uang sewa itu. Kami menganggap harga sewa tersebut sangat murah, karena kami diberi fasilitas kios yang cukup luas,” kata dia, Selasa.

Advertisement

“Pemkot juga meyakinkan kami untuk tidak risau menganai sewa dan retribusi. Kami diminta fokus untuk persiapan produksi dan untuk pemasaran produk,” ujar dia.

Lebih lanjut, selain 18 kios dengan luas 2 meter X 4 meter yang disediakan, sebenarnya ada delapan los lagi yang disediakan. Hingga kini, kata Miftah, peminat yang ingin bergabung ke pasar kreatif ini membeludak. Pihaknya melakukan seleksi untuk menentukan pedagang yang bisa ikut berjualan.

“Ada kriteria yang harus dipatuhi calon pedagang yang ingin bergabung, seperti harus ber-KTP Solo, berusia di bawah 35 tahun, harus memiliki produk yang kreatif, dan lainnya,” jelas Miftah.

Advertisement

Calon pedagang di Pasar Kreatif Pucangsawit, Ezra Sasongko, mengatakan uang sewa kios di pasar kreatif senilai Rp2 juta per tahun. Menurut dia, uang sewa tersebut tergolong murah karena mendapat fasilitas kios yang cukup luas.

Ezra mengatakan dagangan yang akan dijual adalah es buah dengan berbagai variasi. Sebelum diterima sebagai salah satu penyewa, kata dia, dirinya diminta untuk komitmen bisa berjualan secara terus menerus.

“Ini lagi ngecek lokasi dan mengukur kios untuk melihat kebutuhan dekorasi yang diperlukan,” ujar dia.

Advertisement

Lurah Pasar Pucangsawit, Ali Muhlison, mengatakan sudah sejak Jumat pekan lalu, pekerja yang menggarap pembangunan Pasar Kreatif Pucangsawit tidak kelihatan. Dia mengaku tidak mengetahui alasan mengapa pekerjaan pembangunan tersebut tidak dilanjutkan.

Ali menyampaikan saat ini pembangunan kios tersebut baru sekitar 80%. Selain itu, saluran air yang ada di masing-masing kios juga belum terpasang.

“Kami tidak tahu alasan mereka berhenti bekerja. Tetapi, pembangunan ini belum rampung. Saya sudah melapor ke Pemkot, sejauh ini belum ada tanggapan,” kata dia.

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Solo, Subagiyo, mengatakan saat ini pembangunan di lantai II Pasar Kreatif Pucangsawit tinggal finishing. Direncanakan pembangunan akan rampung dan diresmikan akhir tahun ini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif