Soloraya
Selasa, 10 November 2015 - 06:40 WIB

HARI PAHLAWAN SOLO : Hari Ini, Pukul 08.15 WIB Warga dan Pengguna Jalan Hening Cipta

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - RENUNGAN SUCI

Hari Pahlawan Solo, warga Solo dan pengguna jalan untuk mengheningkan cipta memeringati Hari Pahlawan pukul 08.15 WIB.

Solopos.com, SOLO–Seluruh warga Kota Solo dan pengguna jalan diimbau mengheningkan cipta selama satu menit secara serentak tepat pukul 08.15 pada Selasa (10/11/2015) ini. Pemkot akan menyalakan tanda sirene melalui alat pemberi isyarat lalu lintas (Apil) tepat di jam tersebut.

Advertisement

Asisten Administrasi Pembangunan Setda Solo selaku Ketua Panitia Peringatan Hari Pahlawan, Rakhmat Sutomo, mengatakan mengheningkan cipta tersebut merupakan kegiatan nasional yang dilaksanakan serentak se-Indonesia dalam rangka peringatan Hari Pahlawan.

“Tepat pukul 08.15 WIB warga agar memanjatkan doa untuk para arwah pahlawan,” kata dia kepada wartawan di Balai Kota, Senin (9/11/2015).

Rakhmat mengatakan sirene Stadion Sriwedari akan dibunyikan dan berlanjut ke seluruh Apil di jalan Kota Bengawan sebagai tanda mengheningkan cipta. Pengguna jalan yang melintas di jalanan diimbau untuk berhenti selama semenit untuk mengheningkan cipta. Rahmad mengatakan doa ini untuk mengingatkan perjuangan dan juga jasa para pahlawan.

Advertisement

“Kami berharap kesadaran warga dan pengguna jalan untuk bisa serentak mengheningkan cipta,” harapnya.

Rakhmat mengatakan Pemkot menggelar beragam kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Kegiatan tersebut diawali dengan apel kehormatan dan renungan suci yang diikuti TNI/Polri, pegawai negeri sipil (PNS) dan organisasi profesi pada Senin (9/11/2015) tengah malam di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jurug. Kegiatan tersebut akan dipimpin langsung Ketua DPRD Solo Teguh Prakoso.
Kemudian dilanjutkan dengan upacara peringatan Hari Pahlawan di Stadion Sriwedari, serta ziarah ke TMP, Selasa hari ini. Upacara akan diikuti ribuan peserta, dari unsur Muspida Koordinator, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), pensiunan, DPRD, Veteran dan Dewan Harian Cabang (DHC) 45.

Selain itu juga diikuti PNS, perwakilan organisasi pemuda, TNI dan Polri. Rencananya bertindak sebagai Inspektur Upacara, Dandim 0735 Solo Letkol Inf Chrisbianto Arimurti.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif