Teknologi
Selasa, 10 November 2015 - 11:15 WIB

HARI PAHLAWAN : Ini Meme Hari Pahlawan yang Menggelitik

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Meme Hari Pahlawan (Twitter/Path/@azizahl27)

Hari Pahlawan diperingati tiap 10 November 2015.

Solopos.com, SOLO — Sejumlah gambar kreatif (meme) hadir di peringatan Hari Pahlawan, Selasa (10/11/2015). Melalui meme, beberapa pengakses Internet (netizen) menuangkan gagasan kreatif mereka tentang sesuatu yang berkaitan dengan sosok pahlawan.

Advertisement

Di Hari Pahlawan kali ini, muncul meme yang diunggah netizen @azizahl27 di media sosial Path. Ia mem-posting kumpulan uang kertas Indonesia yang menampilkan gambar para pahlawan, yaitu Teuku Imam Bonjol, Cut Nyak Dien, Bung Karno, Bung Hatta, Pangeran Antasari, Oto Iskandar Dinata, dan Jenderal Sudirman.

Di antara tujuh uang kertas tersebut, ada satu lembar uang Rp500 berwarna hijau, yang menampilkan gambar binatang orangutan. Lantas, ada gambar seseorang yang dalam balon percakapannya bertanya kepada sang orangutan di uang tersebut. “Nah…kalo elu ini siapa?” demikian bunyi pertanyaan dalam meme itu.

Sementara itu, netizen berakun @OjhaBombzzz  mengunggah capture kicauan @hanifdhakiri, di Twitter. Bila diperhatikan secara seksama, kicauan @hanifdhakiri cukup menggelitik, karena menghubungkan tema Hari Pahlawan dengan kondisi orang yang tak punya kekasih (jomblo).

Advertisement

“Pahlawan itu kamu! Yg tak pernah menyerah walau mshjomblo. Selalu optimis menatap masa depan. Gigih mencari pacar di setiap kesempatan,” tulis @hanifdhakiri.

Twitter.com (@OjhaBombzzz/@hanifdhakiri)

Terlepas dari guyonan dalam meme tersebut, Hari Pahlawan itu sendiri adalah hari untuk memperingati pertempuran bersenjata di Surabaya, antara nasionalis Indonesia dan bangsa penjajah, pada 10 November 1945.

Advertisement

Pertempuran tersebut merupakan konflik senjata berskala besar pertama yang terjadi di Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, dalam rangka melawan kedatangan Britania Raya dan Belanda lewat Netherlands Indies Civil Administration (NICA).

Berbicara soal Hari Pahlawan, kita tak bisa lepas dari sosok Bung Tomo. Sosok pahlawan Indonesia yang berjuang lewat orasinya. Orasi Bung Tomo dianggap mampu menggugah semangat rakyat Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif