Teknologi
Senin, 9 November 2015 - 17:15 WIB

FENOMENA ALAM : Malam Ini Fenomena Formasi Planet Terlihat di Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Fenomena Alam Planet Sejajar (Liputan6.com)

Fenomena alam berupa formasi planet sejajar terlihat di langit Indonesia malam ini.

Solopos.com, LHOKSEUMAWE — Masyarakat Indonesia dapat melihat fenomena alam empat planet dalam konfigurasi sejajar dengan mata telanjang, Minggu (8/11/2015)-Senin (9/11/2015) malam.

Advertisement

Seperti dilansir Okezone, Senin, fenoena alam tersebut disaksikan secara jelas di Kota Lhokseumawe, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Wartawan di Lhokseumawe, Saiful M.D., mengaku mengabadikan fenomena alam itu di Reservoir Pusong yang berhadapan dengan laut. Menurutnya, pemandangan tersebut dapat dilihat tanpa bantuan teleskop sejak pukul 04.00 WIB hingga terbitnya matahari.

Empat planet yang sejajar itu, sebagaimana dituturkan dosen astronomi dari Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negeri Lhokseumawe, Tengku Ismail, terdiri dari, Venus, Mars, dan Jupiter, dan satelit alami Bumi, Bulan. Namun, Tengku Ismail menambahkan, konfigurasi tersebut tidak berdampak apa-apa terhadap Bumi.

Advertisement

Langka

Secara terpisah, Moedji Raharto, selaku pengajar jurusan Astronomi di Institut Teknologi Bandung sekaligus peneliti di Observatorium Bosscha, Lembang, mengatakan konfigurasi empat planet sejajar itu terbilang langka.

“Belum tentu terjadi setahun sekali atau bahkan 10 tahun sekali. Kalau nanti ada planet-planet lain yang konfigurasinya sejajar, komposisinya akan berbeda,” kata Moedji.

Advertisement

Moedji menyebutkan konfigurasi tersebut dapat disaksikan warga Indonesia dari Sabang sampai Merauke pada Minggu malam dan Senin malam. Namun, lanjut Moedji, komposisinya  mungkin berubah karena pemandangan Bulan memudar.

Advertisement
Kata Kunci : Fenomena Alam
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif