Lifestyle
Minggu, 8 November 2015 - 23:20 WIB

WISATA BOGOR : Taman Wisata Matahari, Rekreasi Asik Sambil Belajar

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati keindahan Taman Wisata Matahari menggunakan perahu (JIBI/Harian Jogja/Ist)

Wisata Bogor Taman Wisata Matahari dapat menjadi refereni tempat liburan berikutnya.

Harianjogja.com, JOGJA-Siapa tak kenal wisata Puncak di Bogor? Jika musim liburan tiba, tempat wisata ini kerap memenuhi layar televisi yang memberitakan tentang padatnya arus lalu lintas menuju kawasan wisata berhawa sejuk ini. Apa saja yang ada di tempat tersebut?

Advertisement

Tidak hanya kebun teh yang bisa dijadikan destinasi utama, kawasan wisata puncak juga memiliki banyak tempat rekreasi yang patut dikunjungi. Ada telaga biru, gardu pandang, berbagai macam curug atau air terjun, taman safari, dan salah satu dari wisata lainnya adalah Taman Wisata Matahari.

Taman rekreasi keluarga ini berada di Jalan Raya Puncak KM. 77, Cilember, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Taman Wisata Matahari menawarkan berbagai wahana permainan edukasi melalui kegiatan outbond, seperti arung jeram di Sungai Ciliwung yang melintasi area wisata tersebut, wall climbing, flying fox, perahu naga motor, sepeda air, bumper boat, dan ATV. Selain itu ada sektor pendidikan anak-anak yang mengajarkan bagaimana menanam padi, membuat pupuk kompos, dan lain-lain.

Taman ini sudah berdiri sejak 2010 di atas lahan seluas 30 hektare. Pemandangan yang ditawarkan sungguh cantik mengingat letaknya berada di kawasan wisata Puncak dengan view perbukitan kebun teh. Oleh karena itu tak dipungkiri tempat ini cocok dijadikan spot foto.

Advertisement

Ditambah udara sejuk khas pegunungan membuat taman wisata ini menarik untuk dikunjungi. Bagi wisatawan yang ingin menikmatinya bisa datang sejak pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB di hari Senin-Jumat. Sementara akhir pekan buka lebih pagi pukul 07.30 WIB-17.00 WIB.

Fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Ada lapangan duren, taman naga, mobil motor safari yang siap mengantarkan pengunjung mengelilingi taman secara gratis, saung manado, kolam ikan koi, gazebo, pasar murah untuk membeli oleh-oleh, toilet, dan musala. Sementara tiket masuk yang berlaku saat ini sebesar Rp20.000 dari Senin-Jumat dan Rp25.000 di hari libur, sudah termasuk empat wahana permainan gratis, yaitu sepeda air, sepeda wisata, paddleboat, dan perahu karet.

Tertarik mengajak keluarga atau teman-teman berekreasi ke sana? Berikut rute perjalanan yang dapat ditempuh dari arah Jakarta. Apabila menggunakan kendaraan pribadi mobil bisa melewati jalan tol Jagorawi. Kemudian keluar tol untuk mengambil jalur arah Ciawi. Namun apabila memilih menggunakan angkutan umum, bisa menggunakan Commuter Line turun di stasiun Bogor. Dari sana akan dijumpai banyak angkutan kota (angkot) hijau, pilih nomor 03 menuju terminal Baranang Siang. Kemudian perjalanan dilanjutkan menggunakan mobil L300 arah Puncak.

Advertisement

Apabila berkunjung di waktu libur panjang atau weekend, sebaiknya ketahui jadwal buka tutup jalur Puncak karena biasanya hal ini diberlakukan untuk mengatasi kepadatan kendaraan. Oleh karena itu untuk menghindari kemacetan sebaiknya lakukan perjalanan ketika hari biasa. Selain tidak terlalu lelah ketika di perjalanan, juga dapat lebih menikmati panorama alam kaki gunung Gede-Pangrango serta lebih puas bermain dan belajar di Taman Wisata Matahari. Mari berlibur sambil belajar kawan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif