Teknologi
Minggu, 8 November 2015 - 06:10 WIB

INDUSTRI GAME : Dari Clash of Clans, Supercell Bukukan Pendapatan Rp12 T

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Game Clash of Clans (Google Play)

Industri game mobile dikuasai oleh developer CoC, Supercell, yang membukukan pendapatan selangit.

Solopos.com, NEW YORK — Developer game mobile Clash of Clans (CoC), Supercell, untung besar. Pada laporan pendapatan tahun ini, Supercell mengaku untung hingga Rp12 triliun!

Advertisement

Mengutip informasi dari laman Huffington Post, Jumat (6/11/2015), Supercell pada tahun lalu berhasil menjadi perusahaan yang memiliki jumlah pendapatan sebelum pajak terbesar di Finlandia. Pengembang game strategi mobile ini mengantongi pendapatan sebelum pajak sebesar 871 juta Euro atau sekitar Rp12 triliun pada tahun lalu.

Jumlah ini bahkan melampaui pendapatan salah satu perusahaan terbesar Finlandia lainnya, Nokia, yang hanya berhasil memperoleh 92 juta Euro atau sekitar Rp1 triliun.

Kendati demikian, jika dibandingkan dengan perusahaan asuransi dan bank asal Finlandia lainnya, pendapatan keseluruhan Supercell tidak terlalu besar.

Advertisement

Namun perlu diketahui bahwa pendapatan bank serta perusahaan asuransi juga berasal dari anak-anak perusahaan serta cabang-cabang yang berada di luar Finlandia.

Besarnya pendapatan Supercell itu tidak lepas dari banyaknya pengunduh game tersebut di platform Android dan IOS. Di platform Android saja, Clash of Clans telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna, termasuk di Indonesia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif