News
Sabtu, 7 November 2015 - 21:30 WIB

SMS MAMA MINTA PULSA : Modus SMS Mama Minta Pulsa Ketinggalan Zaman

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Effendi (kiri) bos penipuan SMS Mama Minta Pulsa (Detik.com)

SMS Mama Minta Pulsa menurut tersangka Efendi sudah ketinggalan zaman.

Solopos.com, JAKARTA — Bos penipuan penipuan pesan singkat atau SMS, Effendi, mengaku tidak mengirim SMS Mama Minta Pulsa untuk menipu para korbannya. Efendi ditangkap atas pengembangan penangkapan delapan tersangka lainnya di Cianjur, Jawa Barat dan lima lainnya di Bandung, Jawa Barat.

Advertisement

Menurut Efendi, konsep penipuan modus Mama Minta Pulsa sudah ketinggalan zaman. “Modus SMS Mama Minta Pulsa sudah enggak zaman,” kata Effendi seperti dilansir Detik, Sabtu (7/11/2015).

Pria berusia 36 tahun itu mengatakan, masyarakat sekarang sudah tidak percaya dengan konsep SMS Mama Minta Pulsa. Namun, ia tidak memungkiri apabila dulu dia pernah melakukan penipuan via SMS dengan modus tersebut. “Dulu iya pakai itu. Dulu saya cuma ikut-ikutan, waktu belum jadi bos,” katanya.

Karena masyarakat sudah mulai tidak percaya dengan SMS Mama Minta Pulsa, Effendi dkk kemudian mengubah konsep isi pesan untuk calon korban. Isinya, seolah-olah si pengirim pesan hendak mengirim uang untuk korban. “Sekarang variasi materi isi SMS saya mau menransfer pakai bank apa,” cetusnya.

Advertisement

Ribuan SMS tersebut tidak dikirim via handphone, melainkan menggunakan laptop. Komplotan menggunakan SIM card sebagai modem pada laptop. “Dikirim pakai SMS caster di laptop,” kata pria asal Wajo, Sulawesi Selatan ini.

Adapun, isi pesan singkat yang dikirim oleh Effendi Cs di antaranya “Mau Transfer Pakai Bank Apa, atau Tlp dlu ke no sy yg ini 087820088889: T’ks atau Dlm program MANDIRI FIESTA, no rek anda mendapatkan cek Rp 75jt kode PIN 777777FD. INFOklik www.info-undianmandiri.blogspot.com.

Seperti diberitakan Solopos.com sebelumnya Bos SMS Mama Minta Pulsa Efendi membeberkan membeberkan harta yang didapatnya dari hasil tipuannya setelah dua tahun beraksi. Effendi mengaku meraup pendapatan Rp5 miliar per tahun.

Advertisement

“Sehari keuntungan antara Rp3 juta sampai Rp7 juta,” kata Effendi kepada wartawan di ruangan penyidik Unit II Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (6/11/2015).

Apabila rata-rata Effendi yang merupakan bos dari penipuan SMS Mama Minta Pulsa mendapat Rp7 juta per hari dari hasil pencurian. Dalam satu tahun Effendi diperkirakan memperoleh Rp5 miliar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif