Sport
Sabtu, 7 November 2015 - 07:30 WIB

KABAR PEMBALAP : Pembalap Wanita di F1 Ini Pilih Pensiun

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Susie Wolff (Express)

Kabar pembalap Susie Wolff yang memilih pensiun dari kejuaraan Formula One.

Solopos.com, OXFORDSHIRE — Berakhir sudah petualangan Susie Wolff di ajang balap mobil dunia setelah pembalap tes tim Formula One (F1) Williams Martini Racing ini resmi pensiun. Susie merupakan pembalap perempuan pertama yang menjajal balapan F1 dalam dua dekade terakhir.

Advertisement

Susie bergabung dengan Williams untuk kali pertama sebagai pembalap pengembang di musim 2012. Ia merupakan istri bos Mercedes, Toto Wolff. Peran Susie di tim yang berbasis di Grove, Oxfordshire, Inggris, ini makin vital dengan menjadi test driver di musim 2015.

Pembalap berusia 32 tahun ini jadi pembalap perempuan pertama yang berpartisipasi dalam ajang balap mobil terbaik di dunia ini dalam kurun waktu 22 tahun terakhir. Ia kali pertama ambil bagian dalam latihan bebas sesi pertama GP Inggris musim 2014 dengan mengendarai mobil Williams FW36. Total ia ikut free practice sebanyak empat kali dan melakoni sejumlah tes.

Sayang, pembalap asal Skotlandia ini tak yakin akan masa depan balapnya. Kondisi ini kian sulit karena ia tak juga mendapat kursi penuh sebagai pembalap F1 di Williams. Susie pun memutuskan berhenti dan memilih mengejar proyek baru.

Advertisement

“Saya berterima kasih kepada Williams yang memberi saya kesempatan selama beberapa musim ini dan mengizinkan saya meraih mimpi mengemudikan mobil F1. Sungguh ini adalah kerja yang luar biasa bersama tim. Saya ingin mencari tantangan baru,” ungkap Susie seperti dilansir crash.net, Kamis (5/11/2015).

Meskipun demikian, Susie percaya isu gender sebagai perempuan bukan alasan mengapa ia tak pernah bisa turun di grid F1. Menurutnya, penampilan di trek-lah yang menentukan bagaimana kualitas pembalap. Selain itu, tim juga memberi porsi yang sama baik kepada pembalap lelaki atau perempuan.

“Semua pembalap bersaing ketat untuk mendapat spot ini. Anda melakukan pekerjaan demi penampilan Anda sendiri. Gender itu soal belakangan. Tujuan saya memang bisa start di grid karena saya ingin membuktikan saya mampu,” jelas Susie.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif