News
Jumat, 6 November 2015 - 01:40 WIB

TRANSPORTASI UDARA SOLO : Lion Air Siap Hubungkan Solo dengan 15 Kota

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat-pesawat Lion Air (Andi Rambe/JIBI/Bisnis)

Transportasi udara Solo, Lion Air berencana membuka jalur Solo menuju 15 kota di Indonesia.

Solopos.com, SOLO--Lion Air berencana menghubungkan Solo dengan 15 kota yang ada di Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya ekspansi bisnis dan membantu pertumbuhan pariwisata serta ekonomi daerah.

Advertisement

Station Manager Lion Air Solo, Adhitya Yudha, mengatakan pembukaan rute yang agresif ini dilakukan seiring dengan bertambahnya pesawat milik Lion Air. Selain itu, hal ini dilakukan karena penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sangat padat. Oleh karena itu, Lion Air berupaya untuk mencari potensi dan peluang yang bisa untuk dilakukan penambahan rute baru. Sedangkan rute yang saat ini sudah dioperasikan adalah Solo-Jakarta, Solo-Batam, Solo-Surabaya, dan Surabaya-Solo-Bandung.

Laki-laki yang akrab disapa Yudha ini mengatakan Jateng, terutama Solo masih sangat potensial. Menurut dia, banyak masyarakat Solo dan sekitarnya yang ingin ke Batam, Palembang, Palangkaraya, Banjarmasin dan lainnya harus transit terlebih dahulu sebelum mencapai tempat tujuan.

“Potensi di Solo sangat besar karena berdasarkan pengalaman dari Semarang, rute-rute menuju luar Jawa itu hampir penuh dan banyak diisi dari sekitar Solo. Selain itu, banyak travel agent yang menanyakan sehingga kami berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkap Yudha saat dihubungi Solopos.com, Kamis (5/11/2015).

Advertisement

Manager Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Yaka Sulistya W., mengatakan pembukaan rute baru tersebut dilakukan secara bertahap hingga akhir tahun. Dia menjelaskan ada enam rangkaian rute yang akan dioperasikan dengan enam pesawat oleh Lion Air, yakni Solo-Palembang-Solo-Balikpapan-Solo-Lombok-Solo. Ada pula Solo-Batam-Solo-Palangkaraya-Solo-Balikpapan-Tarakan, Solo-Denpasar-Solo-Banjarmasin-Solo-Pontianak-Solo-Bandung-Solo, dan Solo-Ujung Pandang-Ambon-Ujung panjang-Solo-Banjarmasin-Solo.

Dua rangkaian rute lainnya yang akan dioperasikan Lion Air adalah Solo-Surabaya-Kupang-Surabaya-Solo-Batam-Solo serta Tarakan-Balikpapan-Solo-Balikpapan-Solo-Ujung Pandang-Solo.

Menurut Yaka, masing-masing rute tersebut telah memiliki slot time di masing-masing bandara. Namun dalam waktu dekat yang akan dioperasikan baru Ujung Pandang, Bandung, dan Banjarmasin karena tinggal menunggu surat keputusan dari Kementerian Perhubungan.

Advertisement

Dia menyampaikan semua rute tersebut akan dioperasikan menggunakan pesawat jenis Boeing 737-900ER (Extended Range) dengan kapasitas sekitar 180 kursi. Dia berharap dengan bertambahnya enam rangkaian rute baru ini Bandara Adi Soemarmo semakin ramai dari yang saat ini mencapai 2.000 orang per hari.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif