Lifestyle
Jumat, 6 November 2015 - 03:10 WIB

TIPS KESEHATAN : Hati-Hati, Makanan Ini Bisa Bikin Persendian Sakit

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - (Foto: thinkstock)

Tips kesehatan kali ini mengulas makanan yang bisa memicu sakit pada persendian.

Solopos.com, SOLO — Apakah persendian Anda terasa kaku, nyeri atau bahkan bengkak? Jika iya, barangkali karena dipicu oleh makanan yang Anda konsumsi.

Advertisement

Menurut para ahli kesehatan di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, kasus sakit pada persendian bisa disebabkan karena seseorang terlalu banyak mengonsumsi makanan tertentu, seperti tomat, jagung, minyak kedelai, atau soda manis.

Tomat
Sebagaimana dilansir Prevention, Rabu (4/11/2015), dalam ilmu kesehatan, tomat sebernarnya termasuk bahan makanan antiinflamasi, yaitu makanan yang bisa menghindari gangguan pada organ tubuh. Namun, bagi orang yang menderita sindrom khusus pada tulang, seperti arthritis gout, tomat bisa jadi pemicu timbulnya rasa sakit dan nyeri pada persendian. Hal tersebut dikarenakan tomat mengandung zat yang bisa mengakibatkan asam urat. Kendati demikian, bukan berarti Anda tidak makan tomat sama sekali. Cukup kurangi konsumsi tomat agar tidak sampai berlebihan.

Jagung dan Minyak Kedelai
Makanan seperti jagung dan minyak kedelai mengandung asam omega 6 yang bisa menyebabkan peradangan pada sendi, jika dikonsumsi secara berlebihan. Peradangan sendi ini akan menimbulkan rasa sakit berupa nyeri, panas atau bahkan bengkak.

Advertisement

Selain jagung dan minyak kedelai, asam lemak omega 6 juga bisa Anda temukan dalam margarin, kuning telir, dan daging.

Soda Manis
Segala makanan yang manis berpotensi besar menimbulkan penyakit jantung dan diabetes, jika dikonsumsi secara berlebihan. Dalam hal ini, termasuk minuman soda manis. Berdasarkan hasil penelitian yang ada di American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti menemukan hubungan antara konsumsi soda manis dengan timbulnya penyakit arthritis. Secara otomatis, soda manis bisa berperan serta sebagai pemicu sakit pada sendi.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Tips Kesehatan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif