Jogja
Jumat, 6 November 2015 - 00:20 WIB

PILKADA SERENTAK DIY : Diterjunkan untuk Pantau Pilkada, 560 Babinkamtibmas Diberi Bantuan HT

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara pemilu (JIBI/Solopos/Dok.)

Pilkada serentak DIY akan dipantau oleh 560 Babinkamtibmas

Harianjogja.com, SLEMAN – Sebanyak 560 personel Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) se-DIY diberi handy talkie (HT) di Mapolda DIY, Rabu (4/11/2015).

Advertisement

Alat telekomunikasi itu akan dimanfaatkan dalam memantau pelaksanaan Pilkada serentak di tiga kabupaten.

Kapolda DIY Brigjen Pol Erwin Triwanto menjelaskan, Babinkamtibmas merupakan ujung tombak dalam pengawasan dan pelaporan penyelenggaraan Pilkada. Karena itu pemberian HT diharapkan dapat mendukung pelaksanaan tugas Babinkamtibmas di lapangan.

“Sebenarnya sudah membawa HT, tapi sudah lama jadi ini yang baru lebih mutakhir teknologinya,” terangnya Kapolda, Rabu (4/11/2015).

Advertisement

HT yang baru itu berupa HT analog ATS 2500. Babinkamtibmas sekaligus diberi pelatihan penggunaan alat komunikasi dengan sistem talk group. Pada alat tersebut di saluran tertentu seluruh Babinkamtibmas di DIY dapat saling berkoordinasi baik di tingkat Polda maupun kewilayahan. Jadi, dapat dipakai untuk melaporkan kegiatan diharapkan akan tercipta keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Mengingat sedemikian besarnya peran dan tugas Babinkamtibmas dalam pelaksanaan Pilkada terutama untuk mendukung pelaporan dengan radio komunikasi,” kata dia.

Terkait pengamanan Pilkada secara umum, Erwin menilai hingga saat ini kondisi tiga kabupaten pelaksana Pilkada masih aman. Awalnya ia memprediksi kerawanan terjadi di Gunungkidul dan Sleman tetapi kondisinya tergolong aman.

Advertisement

Tetapi akhir-akhir ini mulai muncul perbedaan pendapat antar pendukung yang berpotensi mengarah gangguan kamtibmas. “Sampai saat ini juga belum ada laporan di sentra Gakkumdu. Semoga berjalan sampai pelaksanaan Pilkada nanti,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif