Soloraya
Jumat, 6 November 2015 - 15:40 WIB

PEMBANGUNAN PASAR KLEWER : Jokowi Penuhi Janji Beri Anggaran Pasar Klewer Rp100 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembongkaran bangunan Pasar Klewer Solo dilakukan oleh CV Adi Perkasa, Selasa (23/6/2015) siang. Pembongkaran ditarget selesai pada Minggu (27/6/2015). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Pembangunan Pasar Klewer, Kementerian Perdagangan mengucurkan anggaran Rp100 miliar untuk merampungkan pembangunan Pasar Klewer.

Solopos.com, SOLO–Proyek pembangunan Pasar Klewer akhirnya dipastikan rampung dikerjakan pada tahun anggaran 2016.
Presiden Joko Widodo memenuhi janjinya melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengucurkan anggaran Rp100 miliar untuk merampungkan pembangunan Pasar Klewer.

Advertisement

Dana tersebut meningkat Rp9 miliar dari proposal pengajuan Pemerintah Kota (Pemkot) senilai Rp91 miliar. Kepastian kucuran anggaran disampaikan Penjabat (Pj.) Wali Kota Solo Budi Suharto kepada wartawan di Balai Kota, Jumat (6/11/2015). Budi telah menerima kepastian anggaran dari Kemendag sehingga proyek pembangunan Pasar Klewer yang terbakar akhir 2014 lalu, bisa tetap dikerjakan tahun depan.

“Tahun depan pembangunan Klewer sudah selesai. Bahkan butuhnya Rp91 miliar, diberi Rp100 miliar di APBN murni,” katanya.

Budi mengatakan kelebihan anggaran pembangunan Pasar Klewer akan digunakan untuk penyempurnaan serta, penambahan fasilitas umum (fasum). Namun pihaknya tidak menerangkan lebih lanjut penyempurnaan yang dimaksud. Termasuk fasum apa saja yang akan ditambahkan.

Advertisement

Budi sepenuhnya menyerahkan rencana pembangunan Pasar Klewer ke tangan Dinas Pengelola Pasar (DPP). “Dengan ini Kemendag tidak punya utang lagi. Karena tahun depan proyek Klewer rampung,” ujar dia.

Budi mengatakan Kemendag mengucurkan anggaran senilai Rp61,8 miliar untuk pembangunan pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah pada tahun anggaran 2015. Pada tahap pertama, proyek pembangunan ini baru meliputi struktur bangunan lantai basement, semi basement, lantai dasar dan lantai I.

Budi mengatakan masih ada kekurangan dana pembangunan Klewer Rp91 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk merampungkan pembangunan Pasar Klewer. “Kami bersyukur Pusat memenuhi janji merampungkan Pasar Klewer tanpa perlu menunggu sampai APBN Perubahan,” katanya.

Advertisement

Pejabat Humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) Kusbani mengatakan Presiden Joko Widodo memenuhi janjinya bahwa pembangunan pasar akan diselesaikan dalam kurun dua tahun. Menurutnya, janji tersebut diberikan saat meninjau Pasar Klewer beberapa hari setelah kebakaran. Saat kunjungan itu, Jokowi berpesan agar pembangunan kembali Pasar Klewer jangan sampai terkendala persoalan pembiayaan.

“Ternyata janjinya ditepati dengan memberikan anggaran besar untuk merampungkan Klewer,” kata dia.

Pernyataan itulah, menurut Kusbani, yang memantik optimisme pedagang anggaran pembangunan tahap kedua bakal cair sesuai janji pemerintah pusat.

Kusbani mengatakan akan mengawal proses pembangunan Pasar Klewer hingga rampung.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif