Lifestyle
Kamis, 5 November 2015 - 13:35 WIB

TIPS KESEHATAN : Ini Daftar Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Apel merah (bertsredapple.com)

Tips kesehatan kali ini mengulas buah yang aman bila dikonsumsi penderita diabetes.

Solopos.com, SOLO — Penderita diabetes acap kali merasa sulit memilih buah yang sesuai untuk dirinya. Salah-salah, kandungan gula alami dalam buah justru bisa memperburuk kesehatan penderita diabetes.

Advertisement

Sebagaimana Solopos.com himpun dari Boldsky, Rabu (4/11/2015), beberapa buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah jeruk bali merah, stroberi, dan buah cherry.

1. Jeruk Bali Merah
Jeruk bali merah atau jeruk keprok merupakan salah satu buah yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Kandungan air dalam buah ini cukup banyak.

Advertisement

1. Jeruk Bali Merah
Jeruk bali merah atau jeruk keprok merupakan salah satu buah yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Kandungan air dalam buah ini cukup banyak.

Selain itu, jeruk bali kaya akan vitamin C dan serat. Kandungan dalam jeruk bali bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Dnegan mengonsumsi jeruk bali, kadar gula darah penderita diabetes cenderung terkendali.

2. Stroberi
Kadar air dalam buah stroberi cukup banyak. Stroberi juga sarat dengan vitamin, antioksidan, dan serat yang membantu penderita diabetes mengontrol gula darahnya. Indeks glisemik dalam stroberi adalah 40 dan rendah karbohidrat.

Advertisement

3. Jeruk
Sebagaimana jeruk bali, buah jeruk juga kaya dengan kandungan air, serta, dan vitamin C. Kandungan thiamin dalam jeruk bisa membantu seseorang menjaga kadar gula darahnya. Selain itu, jeruk juga bermanfaat untuk mengontrol berat badan tubuh.

4. Buah Cherry
Buah Cherry kaya akan vitamin C, antioksidan, zat besi, beta karoten, kalium, folat, magnesium, dan serat. Cherry juga mengandung anthhocyanin yang bisa menurunkan kadar gula darah. Hal tersebut terjadi lantaran produksi insulin meningkat ketika seseorang mengnsumsi buah cherry.

5. Semangka
Semangka kaya akan beta karoten, vitamin B dan C, lycopene, dan potasium. Kandungan air dalam semangka juga banyak. Oleh karena itu, semangka menjadi salah satu buah pilihan paling tepat bagi penderita diabetes.

Advertisement

6. Apel
Apel mengandung vitamin C, serat, dan antioksidan. Buah ini juga mengandung pektin yang membantu menghilangkan racun dari tubuh serta mengurangi kebutuhan insulin pada penderita diabetes.

7. Pir
Buah pir memiliki kandungan air cukup melimpah. Selain itu, buah pir kaya dengan serat dan vitamin yang bisa menjaga kadar gula darah. Pir ini digadang-gadang sebagai buah tepat untuk dikonsumsi penderita diabetes karena bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

8. Kiwi
Kiwi kaya dengan kandungan betakaroten, flavonoid, vitamin A, C, E, dan potasium. Kiwi juga rendah karbohidrat dan kaya serat. Kandungan tersebut bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh dan bisa menjaga kadar gula darah.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Tips Kesehatan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif