News
Kamis, 5 November 2015 - 07:30 WIB

PERLAMBATAN EKONOMI : Inilah Gambaran Paket Kebijakan Ekonomi VI Sore Ini

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menko Perekonomian Darmin Nasution didampingi Menaker dan Menkeu mengumumkan Paket Kebijakan IV, di kantor Presiden, Jakarta, Kamis (15/10/2015) petang. (Istimewa)

Perlambatan ekonomi mendoronbg pemerintah terus meluncurkan paket kebijakan ekonomi.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan paket kebijakan ekonomi tahap VI akan diumumkan pada Kamis (5/11/2015) sore ini.

Advertisement

Seusai rapat penanganan kebakaran lahan dan kebijakan tarif tenaga listrik, Darmin Nasution menurutkan rancangan kebijakan yang akan diumumkan sebagai paket kebijakan ekonomi tahap VI telah rampung. Lantaran dua rapat tersebut berlangsung hingga Rabu (4/11/2015) petang, lanjutnya, pemerintah memutuskan untuk mengumumkan paket tersebut pada Kamis.

“Rapat ini kan selesainya jam 6 [pukul 18.00 WIB]. Jadi diumumkan besok [Kamis, 5/11/2015],” ujar Darmin di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu.

Menko Perekonomian menuturkan paket kebijakan ekonomi VI akan terdiri dari dua poin utama dan satu poin tambahan. Poin yang dimaksud adalah kebijakan untuk mendorong kawasan ekonomi.

Advertisement

“Kawasan ekonomi. Itu untuk menggerakkan ekonomi dari pinggir, artinya dia kan adanya di daerah-daerah, mulai dari Sumatera Utara, Sulawesi, NTB, gitu,” katanya.

Bentuk kebijakan untuk mendorong kawasan ekonomi, kata Darmin, cukup beragam, termasuk fasilitas pajak. Darmin menambahkan paket kebijakan ekonomi VI belum menyentuh aspek permintaan atau daya beli masyarakat.

“Paket VI tidak ada mengenai demand side, lebih ke produksi, karena kita sulitnya di situ, supaya banyak orang bekerja,” pungkasnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif