News
Kamis, 5 November 2015 - 19:45 WIB

PAHLAWAN NASIONAL : Gus Dur Dipastikan Jadi Pahlawan Nasional

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Almarhum Gus Dur (Antara)

Pahlawan nasional akan disematkan kepada Gus Dur.

Solopos.com, JAKARTA – Tak lama lagi Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) akan menjadi pahlawan nasional. Menteri Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa secara khusus menyampaikan hal itu Kamis (5/11/2015) di Istana Negara, Jakarta.

Advertisement

“Gus Dur sudah pernah diputuskan di 2013, dan di-pending sesungguhnya hanya menunggu waktu. Jadi kalau kepahlawanan Gus Dur itu dari Tim Peneliti dan Pengkajian Gelar Pahlawan (TP2GP) itu sudah selesai, dari Dewan Gelar sudah selesai, tinggal menunggu proses penganugerahan,” ujar Khofifah seusai acara penganugerahan lima pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (5/11/2015).

Jadi menurut Khofifah sebagaimana dilaporkan Okezone, tidak ada catatan apa pun yang bisa menghambat penganugerahan Gus Dur sebagai pahlawan nasional. “Semua sudah selesai, tinggal menunggu saat penganugerahannya,” terang dia.

Dijelaskannya olehnya, proses pemberian gelar pahlawan nasional ini sifatnya bottom up, tidak ada yang top down. Artinya ada usulan masyarakat, kemudian dibahas di TP2GP kabupaten/kota.

Advertisement

Salah satunya harus ada seminar yang memberikan verifikasi terhadap perjuangan, pengorbanan dari sosok yang sedang diusulkan sebagai pahlawan nasional.

“Kemudian naik ke TP2GP provinsi baru ada seminar nasional dan setelahnya baru masuk TP2GP pusat dan setelah itu baru masuk ke dewan gelar. Jadi prosesnya panjang,” pungkas Khofifah seperti dilaporkan Liputan6.com, Kamis.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif