News
Kamis, 5 November 2015 - 19:35 WIB

KEGIATAN KAMPUS SOLO : Ilmu DKV Berkembang Pesat, Sekolah Harus Rajin Up Grade

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pameran Karya

Kegiatan kampus Solo, perkembangan ilmu Desain Komunikasi Visual membuat sekolah harus rajin up grade kurikulum yang diberikan ke siswa.

Solopos.com, SOLO–Perkembangan ilmu di Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) diakui sangat pesat. Dibutuhkan up grade secara terus menerus terhadap kurikulum pembelajaran prodi tersebut oleh pihak sekolah agar tak tertinggal.

Advertisement

Hal itu diakui Ketua Prodi DKV SMKK Marsudirini Marginingsih Solo, Widi Martono, saat ditemui Solopos.com di sela-sela menerima kunjungan Prodi DKV Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Solo ke sekolah setempat, Kamis (5/11/2015).

“Ya, karena Prodi DKV ini perkembangannya sangat pesat. Kadang-kadang sekolah, termasuk juga SMKK Marsudirini ini ketinggalan. Sehingga dalam hal kurikulumnya, kami merencanakan up grade setiap satu tahun sekali, atau setidaknya setiap ada perubahan atas kurikulum oleh pemerintah, kami sebisa mungkin secepatnya meng-up grade atau memperbarui itu,” ujar Widi.

Menurut Widi, hal itu sangat penting dilakukan mengingat sekolah harus bisa menyesuaikan kualitas dan kompetensi lulusan dengan kebutuhan dunia industri. Dalam up grade kurikulum tersebut, Widi menyatakan pihak sekolah menggandeng perguruan tinggi yang memiliki Prodi DKV, yakni ISI Solo.

Advertisement

“Dengan kerja sama ini, kami mencoba menganalisis kurikulum yang kami miliki saat ini, apakah masih sesuai, atau mungkin perlu disempurnakan lagi dan sebagainya,” imbuh dia.

Dia mengakui kerja sama dengan perguruan tinggi sebenarnya tidak hanya dengan ISI Solo. “Tahun lalu kami menggandeng ISI Jogja. Kemungkinan berikutnya bisa dengan UNS atau perguruan tinggi lain yang punya Program DKV,” papar dia.

Dalam kesempatan itu pula, tambahnya, juga diadakan sosialisasi kepada para siswa Prodi DKV SMKK Marsudirini Marginingsih untuk mengenalkan tentang Prodi DKV di ISI Solo.
Melalui pengenalan itu diharapkan jika ada lulusan SMKK tersebut yang berencana melanjutkan studi, bisa memilih jurusan yang sesuai.

Advertisement

Kaprodi DKV FSRD ISI Solo, Basnendar H., menambahkan kunjungan bertajuk Deskomasik atau Desain Komunikasi Visual Ajak Siswa Ikut Kuliah, memberikan pembekalan tentang seputar dunia kampus dan potensi serta prospek bidang DKV sehingga peserta dari siswa Prodi DKV SMK Marsudirini Marginingsih bisa mengetahui lebih dini dan apabila nantinya diterima sebagai mahasiswa Prodi DKV bisa lebih siap.

Advertisement
Kata Kunci : DKV ISI Solo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif