News
Kamis, 5 November 2015 - 15:30 WIB

KABUT ASAP : Meski Hujan, Titik Api Bisa Muncul Hingga Akhir Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga menggunakan payung ketika hujan deras di salah satu pusat perbelanjaan di Pekanbaru, Riau, Selasa (27/10/2015) malam. Warga berharap dengan turunnya hujan di Kota Pekanbaru, kebakaran lahan dan hutan dapat padam sehingga kabut asap yang menyelimuti Pekanbaru dan sekitarnya segera berakhir. (JIBI/Solopos/Antara/Rony Muharrman)

Kabut asap masih bisa muncul sewaktu-waktu. Helikopter waterbombing pun siaga hingga akhir tahun.

Solopos.com, PEKANBARU — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau menyiapkan dua unit helikopter untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan hingga akhir tahun ini. Kepala BPBD Provinsi Riau Edwar Sanger mengatakan menyiagakan dua unit hHelikopter yakni MI 171 dan Sikorsky.

Advertisement

Helikopter itu akan dikerahkan untuknmelakukan waterbombing jika titik api muncul di Riau. “Helikopter ini disiagakan jika sewaktu-waktu ada titik api yang muncul,” katanya, Kamis (5/11/2015).

Edwar mengatakan Riau nihil titik api beberapa hari belakangan karena turun hujan. Tetapi, titik api bisa sewaktu-waktu muncul. Tim Satgas Karhutla Riau masih akan terus melakukan upaya pencegahan dengan melakukan modifikasi cuaca untuk menurunkan hujan.

Satelit Terra dan Aqua menemukan 117 titik panas yang terpantau di Sumatra, Kamis (5/11/2015). Titik panas itu didominasi oleh Provinsi Sumatra Selatan. Satu helikopter dari BPBD Riau, yaitu Camorv dikerahkan ke Sumatra Selatan untuk melakukan pemadaman.

Advertisement

Kebakaran hutan dan lahan itu tidak menimbulkan kabut asap, karena hujan turun disejumlah wilayah Riau, selama beberapa hari. Kualitas udara di Pekanbaru telah membaik semenjak satu pekan silam. Kualitas udara berada pada level sedang dan baik. Saat kabut asap, kualitas udara sempat berada pada level berbahaya dalam beberapa pekan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif