Lifestyle
Rabu, 4 November 2015 - 06:30 WIB

TIPS KESEHATAN : Bahan-Bahan Alami Ini Aman untuk Bersihkan Telinga Anda

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi telinga (Medicinenet.com)

Tips kesehatan kali ini mengulas soal bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan telinga.

Solopos.com, JAKARTA — Telinga yang kotor bisa sangat mengganggu Anda karena membuat risih dan gatal. Jika dalam jangka waktu lama tak segera dibersihkan, Anda akan merasakan efek sampingnya, seperti pendengaran yang kurang tajam.

Advertisement

Sayang, masih ada sebagian orang yang suka membersihkan kotoran telinga sembarangan. Padahal telah disiapkan bahan-bahan aman seperti beragam jenis minyak tumbuhan, seperti dikutip Okezone dari Boldsky, Selasa (3/11/2015) berikut ini.

Parafin oil
Hangatkan sedikit minyak parafin dan kemudian cairannya teteskan ke lubang telinga sebanyak dua hinga tiga kali. Setelah itu miringkan kepala Anda agar semua kotoran dapat keluar dan bersih seketika.

Hidrogen peroksida
Larutan hidrogen peroksida memang hanya dijual di toko obat dan kimia. Zat ini aman dipakai untuk tubuh kita, apalagi untuk membersihkan kotoran telinga. Cara penggunaannya, campurkan larutan hidrogen peroksida dan air biasa. Kemudian teteskan pada telinga, sembari memiringkan kepala. Dalam waktu beberapa detik, kotoran telinga pun bersih perlahan-lahan.

Advertisement

Almond oil
Tuangkan beberapa tetes minyak almond di daun telinga Anda dan memiringkan kepala Anda. Tetap dalam posisi ini selama lima menit. Cara ini akan membantu mengusir kotoran telinga Anda dalam waktu singkat.

Cuka sari apel
Menggunakan cuka sari apel tidak hanya membantu menghilangkan kotoran telinga, tetapi juga membantu mengembalikan tingkat pH normal telinga Anda. Caranya tambahkan satu sendok teh cuka sari apel dengan secangkir air hangat. Tuangkan dalam beberapa tetes dan kotoran telinga Anda hilang dengan mudah.

Baby oil
Pasti Anda kerap menambahkan baby oil yang diteteskan ke kpas saat hendak membersihkan kotoran telinga bayi Anda. Agar lebih efektif, coba teteskan baby oil ke lubang telinga si bayi, tunggu beberapa menit dan bersihkan bola kapas lembut untuk membersihkan kotoran.

Advertisement

Air garam
Cara terakhir yang lebih aman unutk membersihakn kotoran telinga yaitu menggunakan air garam hangat. Larutkan setengah sendok teh garam dan setengah cangkir air hangat. Rendam bola kapas di dalamnya, lalu peras di dalam lubang telinga Anda. Selamat mencoba!

Advertisement
Kata Kunci : Tips Kesehatan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif