Jogja
Rabu, 4 November 2015 - 20:20 WIB

Kulonprogo "The Jewel of Java" Menarik Perhatian di Tepi Jalan Jogja-Wates

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penanda selamat datang Kulonprogo The Jewel of Java yang dibangun di sisi barat Jembatan Bantar untuk menyambut pendatang dari arah Kota Jogja, Selasa (3/11/2015). (Harian Jogja-Holy Kartika N.S)

Kulonprogo memiliki landmark baru, yakni “The Jewel of Java” yang dipasang di tepi jalan Jogja-Wates

Harianjogja.com, KULONPROGO– Pemkab Kulonprogo terus mempercantik setiap sudut taman yang ada di kabupaten ini. Salah satunya taman selamat datang yang berada di Jembatan Bantar, Sentolo.

Advertisement

Tulisan Kulonprogo The Jewel of Java menjadi penyambut bagi para pendatang dari arah Kota Jogja. Taman tersebut baru selesai digarap pada pekan lalu.

Taman inipun langsung menarik perhatian sejumlah warga yang melintas di kawasan tersebut. Salah satunya Ridwan, 19, warga Desa Sukoreno, Sentolo.

“Kalau ada tulisan seperti ini pendatang yang lewat jalan nasional ini jadi tahu kalau sudah memasuki wilayah Kulonprogo,” ujar Ridwan, Selasa (3/11/2015).

Advertisement

Bahkan, tulisan tersebut makin memperindah taman Bantar yang sebelumnya kosong dan kurang menarik. Tulisan tersebut diihiasi pola gebleg renteng yang menjadi pola batik khas Bumi Menoreh.

“Bagus dan jadi menarik. Paling tidak bisa menunjukkan ke masyarakat kalau setelah jembatan itu Kabupaten Kulonprogo,” ungkap Arum, warga Desa Pengasih.

Sementara itu, Kepala UPTD Kebersihan Tony mengatakan, pembangunan taman tersebut tidak hanya untuk mempercantik Taman Bantar yang selama ini kosong. Akan tetapi, keberadaan tulisan tersebut menjadi semacam penanda atau pintu selamat datang ke Kabupaten Kulonprogo.

Advertisement

Tony mengakui, selama ini banyak.pendatang baik dari arah Jogja maupun sebaliknya yang tidak menyadari telah memasuki kawasan Kulonprogo. Dirinya berharap, keberadaan tulisan tersebut dapat mengenalkan dan mempromosikan Kulonprogo secara luas pada para pendatang.

“Ke depan akan dibangun penanda yang serupa di pintu masuk di sisi barat. Di mana yang berbatasan dengan Purworejo,” jelas Tony.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif