Entertainment
Rabu, 4 November 2015 - 09:30 WIB

KABAR ARTIS : Bikin Buku, Rieka Roslan Gandeng Penulis Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rieka Roslan (wikipedia.org)

Kabar artis Rieka Roeslan kini tengah menyiapkan buku.

Solopos.com, SOLO – Penyanyi dan penulis lagu, Rieka Roslan, tengah menyiapkan buku terbarunya. Rieka menggandeng salah seorang penulis asal Jogja, sebagai perangkai kisah dalam buku terbaru yang direncanakan bakal rilis bebarengan dengan album solo terbaru Rieka pada April 2016.

Advertisement

Mengapa memilih penulis Jogja? Rieka yang mengawali karier musiknya pada 1997 tak ingin cerita dalam bukunya jadi asal-asalan. Meski belum mau membuka identitas sang penulis, Rieka bertutur dirinya memiliki kesan tersendiri terhadap penulis asal Jogja tersebut.

Ia menilai penulis yang hidup di tengah budaya yang masih kuat memiliki nilai rasa khas dan berbeda.

Advertisement

Ia menilai penulis yang hidup di tengah budaya yang masih kuat memiliki nilai rasa khas dan berbeda.

“Karena saya ingin bahasa dalam buku saya ini nanti bisa tertata dengan sangat artistik. Aku suka sama kota yang budayanya kuat,” ungkap Rieka saat diwawancarai sesaat seusai jumpa pers Air Mata Surga, Rabu (21/10/2015) lalu.

Buku yang berisi seputar kisah di balik pilihan hidup Rieka Roslan sebagai penyanyi dan penulis lagu tersebut akan dikemas secara indah. Secara personal Rieka berharap buku terbarunya tersebut bisa menjadi sumber inspirasi bagi mereka yang tak hanya bisa menulis, tapi juga bisa bernyanyi.

Advertisement

Tak hanya buku, di saat yang sama Rieka pun merencanakan peluncuran album solo teranyarnya. Tanggal 21 April sengaja dipilih Rieka karena dia sengaja menjadikan buku dan album solo terbarunya tersebut sebagai kado ulang tahun sang ibu yang jatuh pada 21 April.

“Ibu saya ulang tahun ke-77 pada 21 April besok, jadi ini memang buat kado ulang tahun beliau,” imbuh dia.

Ditanya soal eksistensi The Groove, grup musik yang membesarkan namanya, dengan tegas Rieka berujar The Groove masih jalan dan sedang bersiap mengeluarkan album baru di akhir 2015.

Advertisement

“Jadi saya itu punya the Groove yang menghibur, punya proyek-proyek idealis dengan sejumlah musisi, punya 5 Wanita yang bicara tentang perempuan, dan yang terbaru ada Mawa Diri yang saya bentuk dengan Mbak Dian HP yang lebih banyak berbicara tentang lirik yang baik-baik. Saya menyadari kerja sendirian itu capek. Dengan teamwork, itu jauh lebih ringan, baik budget maupun di tenaga. Saya enggak bisa melepaskan diri dari salah satunya. Syukur Alhamdulillah semuanya jalan,” terang dia.

Sebelum peluncuran buku dan album barunya, buku dan album baru the Groove sengaja diluncurkan terlebih dulu di akhir 2015. “Kan saya lahir dari The Groove, jadi The Groove duluan. The Groove sama buku, saya juga sama buku,” imbuh dia.

Rieka yang belakangan banyak mendapat pesanan lagu soundtrack film ini mengaku selalu saja hal yang menjadi sumber inspirasi mendalam pada setiap proses penggarapan lagu-lagunya.

Advertisement

Dia mencontohkan lagu berjudul Cinta Selamanya yang secara kebetulan ditulisnya dari pengalaman batin pascameninggalnya sang ayah.

Cinta Selamanya merupakan soundtrack film dengan judul serupa yang dibintangi Fira Basuki pada April lalu. Rieka yang juga menulis soundtrack film Air Mata Surga ini juga didapuk menulis lagu untuk film Quantum, sebuah film bergenre science fiction yang dibintangi oleh Anisa Rahma.

“Untuk soundtrack film Quantum ada dua buah lagu, Quantum Cinta dan Kita Tak Pernah Bersama. Sebentar lagi bakal rilis,” timpal dia.

Advertisement
Kata Kunci : Kabar Artis The Groove
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif