Umum
Rabu, 4 November 2015 - 14:02 WIB

GEMPA BUMI : Gempa 5,2 SR Guncang Banten, Terasa Sampai Jakarta

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa (priceofolisorg)

Gempa bumi melanda Banten dan terasa sampai Jakarta.

Solopos.com, JAKARTA – Gempa mengguncang Ibu Kota Jakarta, Rabu (4/11/2015), sekitar pukul 13.14 WIB. Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa itu tidak berpotensi tsunami.

Advertisement

Berdasarkan data dari Twitter BMKG), pusat gempa berada di 88 kilometer Barat Daya Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR).

“Gempa di Pandeglang hanya sekali dan tidak ada susulan,” kata Staf Bagian Panduan Gempa BMKG Bagyo di Jakarta, seperti dilansir Okezone, Rabu.

Bagyo mengatakan gempa yang terjadi di Pandeglang berada di kedalaman 10 Km di dalam laut. Namun, sejauh ini ada warga yang merasakan gempa tersebut terjadi ada pula yang tidak merasakan.

Advertisement

“Tergantung kepekaan. Antara 2-3 skala MMI [tingkat dirasakan manusia]. Jadi kecil sekali, tergantung kepekaan, kadang ada yang sedang jalan tidak berasa sama sekali,” kata dia.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, M. Riyadi, mengatakan gempa ini hanya dirasakan di tempat-tempat tertentu. Jadi ada yang merasakan ada yang tidak.

“Ini gempanya dangkal, tidak terlalu besar. Ada yang merasakan ada yang tidak. Yang di gedung tinggi mungkin merasakan,” kata dia dilansir Detik.

Advertisement

“Ini patahan Pandeglang sedang aktif, dan ini hal biasa. Patahan ini sudah jenuh dan melepaskan stresnya,” papar dia.

Advertisement
Kata Kunci : Gempa Bumi Gempa Jakarta
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif