Jogja
Rabu, 4 November 2015 - 10:20 WIB

BANDARA KULONPROGO : Relokasi Butuh 21-80 Ha Lahan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Master Plan Bandara Kulonprogo (JIBI/Harian Jogja/Istimewa )

Bandara Kulonprogo untuk kebutuhan lahan relokasi diperhitungkan.

Harianjogjacom, KULONPROGO– Kebutuhan lahan untuk relokasi bagi warga terdampak pembangunan bandara Kulonprogo mencapai 21-80 hektare. Luasan tersebut untuk hunian pribadi hingga fasilitas umum lain.

Advertisement

“Kalau sesuai hitungannya [lahan] yang memungkinkan itu untuk 200 meter persegi sampai 250 meter persegi. Paling tidak dengan luasan tersebut lahan yang dibutuhkan hampir 21 hektare,” ujar Sekda Astungkoro saat ditemui di kantornya, Senin (2/11/2015).

Namun, apabila setiap lahan yang dibutuhkan nanti sekitar 500 meter persegi yang terdiri dari rumah hunian, sekolah dan fasilitas umum, maka total lahan yang dibutuhkan paling tidak mencapai 80 hektare. Astungkoro mengatakan, saat ini lahan yang ada sekitar 21 hektare.

Lahan untuk relokasi nantinya, akan menggunakan tanah kas desa di masing-masing desa terdampak. Astungkoro mengungkapkan, untuk saat ini tanah kas desa dinilai paling memungkinkan untuk dijadikan lokasi tempat tinggal maupun fasilitas umum yang baru. Adapun nantinya, status kepemilikan lahan akan tetap menjadi milik warga terdampak.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif