Teknologi
Sabtu, 31 Oktober 2015 - 23:40 WIB

TEKNOLOGI TERBARU : Wow! Alat Ini Bisa Lihat Objek di Balik Tembok

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rf-Capture (Techtimes/MIT)

Teknologi terbaru dengan metode RF-Capture bisa digunakan untuk menembus tembok.

Solopos.com, SOLO —Penemuan menakjubkan diperlihatkan beberapa peneliti Computer Science and Artificial Intelligence Lab (CSAIL) Massachusetts Institute of Technology (MIT). Peneliti MIT itu baru saja mengembangkan RF-Capture untuk menembus tembok.

Advertisement

Sebagaimana dikutip dari Dailymail.com, Sabtu (31/10/2015) teknologi terbaru RF-Capture dikembangkan peneliti CSAIL sejak 2013. Hasil penelitian itu akan dipresentasikan di Asia bulan depan.

Cara kerja teknologi terbaru metode RF-Capture  itu cukup mudah, ada pemancar nirkabel yang ada di RF-Capture akan memancarkan sinyal radio. Apabila sinyal radio itu mengenai tubuh manusia, maka akan memantul.

Sinyal yang memantul itu akan dihubungkan dengan teknologi terbaru metode RF-Capture. Data sinyal radio itu dibuat menjadi algoritma dan akan muncul penampakan atau gambar siluet dari orang yang terkena sinyal itu di balik tembok.

Advertisement

Teknologi terbaru RF-Capture bisa digunakan untuk membedakan dan memantulkan 15 orang dengan ketepatan mencapai 90%. Selain itu, dengan sinyal Wifi di Metode RF-Capture gerakan dan sikap tubuh seseorang bisa diikuti dengan baik.

Selain itu beberapa peneliti dari Universitas Washington, Amerika Serikat, juga mengembangkan teknologi terbaru untuk melihat benda yang terlihat. Mereka menggandeng perusahaan teknologi terbaru Microsoft dalam pengembangan Hypercam.

Teknologi terbaru Hypercam berbeda dengan metode RF-Capture yang menggunakan sinyal radio. Untuk menggunakan Hypercam, peneliti menggunakan cahaya yang tak terlihat mata dan infra merah untuk melihat benda yang ada di balik penghalang.

Advertisement

Teknologi terbaru Hypercam biasanya digunakan untuk meneliti aman atau tidaknya makanan dan tingkat kesehatan makanan atau minuman.

Teknologi serupa pernah dikembangkan beberapa peneliti dari Universitas California, tahun 2014 lalu. Mereka mengembangkan sepasang robot yang bisa digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal Wifi untuk melihat ada orang atau tidak di dalam suatu bangunan

Berikut ini link video metode RF-Capture dengan mengunakan sinyal radio dan nirkabel di situs Youtube https://www.youtube.com/watch?v=7LTr02cJkiA.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif