News
Jumat, 30 Oktober 2015 - 14:42 WIB

PROGRAM MAHASISWA UNS : Pengajuan Proposal PKM Melonjak

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Program mahasiswa UNS, pengajuan proposal PKM pada 2015 meningkat tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Solopos.com, SOLO–Pendaftar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Sebelas Maret (UNS) 2015 ini meningkat hingga sekitar tiga kali lipat dibanding tahun lalu. Tahun ini ditargetkan jumlahnya bisa mencapai 2.000 proposal.

Advertisement

Wakil Rektor (WR) III (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) UNS, Darsono, mengatakan 2014 lalu tercatat ada sekitar 600 proposal yang diajukan mahasiswa untuk kompetisi dalam PKM. Sementara hingga Oktober ini saja, jumlah proposal yang masuk sebanyak 1.558 proposal. Pendaftaran atau pengajuan proposal tersebut ditutup Sabtu (31/10/2015).

“Masih ada waktu hingga 31 Oktober 2015 untuk pengajuan proposal tersebut sehingga jumlah proposal yang masuk kemungkinan bisa bertambah,” ujar Darsono saat ditemui wartawan di Kampus UNS, Jumat (30/10/2015).

Terkait pengajuan proposal tersebut, UNS membantu mahasiswa mengajukan proposal melalui Biro Kemahasiswaan UNS. Hal ini berdasar pada informasi bahwa Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat memberi kesempatan kepada mahasiswa perguruan tinggi (PT) baik negeri maupun swasta untuk mengajukan usulan proposal PKM.

Advertisement

“PKM secara garis besar terbagi dalam dua kategori, yakni kegiatan ilmiah dan kreativitas yang meliputi kewirausahaan. Namun, diperkirakan lebih banyak mengajukan kegiatan kreativitas,” ungkapnya.

Namun Darsono belum bisa memastikan nilai anggaran yang terkucur untuk PKM UNS. Dana tersebut cair 2016.

“Yang tahu nilainya tentu pusat, dalam hal ini Ditjen (Direktorat Jenderal) Pendidikan Tinggi,” papar dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif