Jateng
Rabu, 28 Oktober 2015 - 06:50 WIB

MUSIBAH KABUT ASAP : Wisudawan FEB Undip Galang Dana Korban Asap

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah seorang wisudawan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mengadarkan kotak sumbangan untuk korban asap di Tanah Air pada syukuran wisuda ke-140 FEB Undip di Hotel Patrajasa Semarang, Selasa (27/10/2015).(JIBI/Solopos/Insetyonoto)

Musibah kabut asap menarik simpati wisudawan Undip Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang melakukan penggalangan dana untuk korban, 

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Para wisudawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang melakukan aksi sosial dengan menggalang dukungan dana untuk para korban asap di Tanah Air.

Advertisement

Aksi penggalangan dana ini dilakukan pada syukuran wisuda ke-140 FEB Undip di Hotel Patrajasa Semarang, Selasa (27/10/2015). Puluhan wisudawan pria dan wanita dengan mengenakan toga dibantu sejumlah mahasiswa mengedarkan kotak sumbangan bertuliskan ”Wisudawan FEB Peduli Asap” kepada ratusan orang tua yang mengadiri acara tersebut.

Para orang tua menanggapi positif aksi tersebut dengan memasukkan uang ke dalam kotak tersebut. Setelah uang dalam kotak dihitung terkumpul dana senilai Rp20.233.900. ”Saya mendukung acara penggalangan dana ini sebegai bentuk kepedulian terhadap korban asap,” kata salah seorang orang tua wisudawan.

Dana tersebut kemudian melalui Pos Keadilan Peduli Umim (PKPU) Cabang Semarang akan disalurkan kepada korban korban asap di sejumlah daerah seperti Sumatra, Kalimantan, Maluku, dan Sulawesi.

Advertisement

”Utamanya akan disumbangkan untuk korban asap di Palangkaraya, Kalimantan Tengah,” kata Dekan FEB Undip Suharnomo.
Aksi penggalangan dana, lanjut dia, sebagai bentuk empati wisudawan FEB kepada para korban asap yang saat ini masih mengalami kesusahan bernafas.

”Merasa bersyukur Semarang tidak terkena asap, sehingga perlu berbagi dengan saudara-sudara di daerah lain yang saat ini menderita karena asap,” tandasnya.

Sementara itu, Pembantu Dekan I FEB Undip Anis Chariri mengungkapkan jumlah wisudawan ke-140 periode Oktober 2015 sebanyak 584 orang.

Advertisement

Wisudawan terdiri dari program studi (prodi) S1 Akuntansi, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (IESP), prodi D3 Akuntansi, Perpajakan, dan Manajemen Perusahaan. ”Jumlah wisudawan S1 sebanyak 167 orang dan sisanya D3,” ungkapnya.

Dekan FEB Suharnomo berpesan kepada para wisudawan bila nantinya menjadi pejabat pemerintahan atau pengusaha agar tidak melakukan perbuatan yang tercela seperti korupsi dan membakar lahan.

”Alumni FEB Undip agar mampu menunjukkan sebagai orang yang bermatabat di manapun berkarier baik di pemerintahan dan swasta,” harap dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif