Jogja
Selasa, 27 Oktober 2015 - 03:20 WIB

WARISAN BUDAYA : Keris Terancam Punah

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

Warisan budaya berupa keris belum dilakukan pendataan.

Harianjogja.com, JOGJA-Kelestarian keris sebagai warisan budaya bangsa terancam menyusul belum adanya pendataan jumlah benda tersebut di Indonesia. Minimnya keterbukaan pemilik keris disinyalir menjadi salah satu penyebab sulitnya pendataan.

Advertisement

Ketua Paguyuban Pemerhati Tosan Aji Mertikarta Jogja Fajar Waskito mengatakan pendataan keris penting untuk melihat pola dan bentuk keris supaya dapat melestarikan keberadaannya sampai generasi yang akan datang.
“Pelestarian tidak hanya menjaga benda lama, melainkan juga berkreasi membuat keris yang baru,” ujarnya dalam jumpa pers Keris Summit 2015 di Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY, Senin (26/10/2015).

Disebutkannya, terdapat 64 paguyuban keris di Indonesia dan tidak semua terbuka dengan kepunyaannya. Alasannya bervariasi, mulai dari tidak mengumbar warisan, mobilisasi keris yang sulit dilacak, sampai alasan privasi.
Kendati demikian, kata Fajar, pendataan keris akan dilakukan pada saat simposium Keris Summit 2015. Pada kesempatan itu juga dilakukan pemetaan keris nasional. Setidaknya, kata dia, terdapat enam rumpun keris di Indonesia, yakni Sumatera, Kalimantan, Bugis, Jawa, Bali, dan Lombok.

Kepala Bidang Sejarah Purbakala dan Museum Disbud DIY Erlina Hidayati menjelaskan Keris Summit 2015 bertujuan untuk melestarikan keris sebagai warisan budaya bangsa dan kegiatan ini diadakan di Benteng Vredeburg, Rabu sampai Minggu (28/10/2015-1/11/2015).

Advertisement

Diuraikannya, kegiatan yang berlangsung dari pukul 10.00 sampai 21.00 WIB ini akan diikuti 100 peserta dari berbagai daerah dan menampilkan 650 koleksi keris.

“Ada juga acara workshop tentang pembuatan bilah keris dan aksesorisnya,” tutur Lina.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Keris Warisan Budaya
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif