Umum
Selasa, 27 Oktober 2015 - 10:00 WIB

TIPS BERKENDARA : Ini Tips Aman Ngerem Mendadak saat Naik Motor

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengerem sepeda motor. (Motorcycle.com)

Tips berkendara kali ini tentang trik mengerem mendadak pada sepeda motor.

Solopos.com, SOLO –  Pengendara sepeda motor tentu pernah mengalami situasi yang mengharuskan mengerem mendadak. Nah supaya aman dan tidak tergelincir, yuk simak tips berkendara berikut ini.

Advertisement

Dihimpun Solopos.com dari pelbagai sumber, Senin (26/10/2015), tips berkendara yang perlu diingat ketika mengerem mendadak adalah lebih aman menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan namun jangan sampai terkunci.

Akan tetapi hal itu berlaku hanya untuk medan aspal kering. Sedangkan jika Anda berkendara di aspal basah atau jalanan berpasir sebaiknya melakukan pengereman dengan cara menarik dan melepas tuas rem berkali-kali dengan cepat.

Selain menarik tuas rem, mengerem mendadak lebih aman jika dibarengi dengan memindahkan persneling ke posisi terendah secara cepat. Teknik tersebut efektif digunakan pada motor sport yang umumnya memiliki bobot cukup berat.

Advertisement

Kendati demikian, pengguna sepeda motor bebek juga dapat melakukannya. Tetapi lepaskan tuas persneling secara perlahan supaya tidak terjadi entakan yang berlebihan.

Ketika melakukan pengereman mendadak, sebaiknya Anda juga menegakkan posisi badan. Hal itu berguna untuk mengurangi tekanan pada setang sehingga pengendalian sepeda motor tetap stabil. Usahakan pula posisi duduk tidak berubah.

Di luar semua tips berkendara yang telah disebutkan, mengerem mendadak akan lebih aman jika pengendara tidak panik dan tetap berkonsentrasi.

Advertisement

Teknik mengerem pengendara umumnya akan semakin baik seiring bertambahnya jam terbang menggunakan sepeda motor.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif