News
Selasa, 27 Oktober 2015 - 20:41 WIB

ICC Minta India Tangkap Presiden Sudan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Omar Hasan al Bashir (althistory.wikia.com)

Presiden Sudan Omar Hassan al-Bashir didugaa mendalangi pembunuhan massal di Daftur.

Solopos.com, NEW DELHI – Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) menyatakan India harus menangkap dan menyerahkan Presiden Sudan, Omar Hassan al-Bashir, yang diperkirakan akan datang ke New Delhi, Rabu (28/10/2015).

Advertisement

Bashir yang menjadi incaran ICC atas dugaan mendalangi pembunuhan massal dan kekejaman lain selama kericuhan di Daftur tersebut diprediksi bakal menghadiri pertemuan puncak Konferensi India-Afrika.

Presiden berusia 71 tahun itu bersama 40 pemimpin dari Afrika lainnya akan menghadiri acara yang betujuan meningkatkan perdagangan dan investasi tersebut.

“Dengan menangkap dan menyerahkan tersangka India dapat berkontribusi pada tujuan penting untuk mengakhiri impunitas atas kejahatan terburuk di dunia,” kata kantor jaksa ICC, Fatou Bensouda, melalui email, seperti dilansir Reuters.

Advertisement

Sementara sejumlah pejabat di India belum memberikan komentar akan hal ini. Bashir diincar ICC atas dugaan kejahatan perang dan kemanusiaan selama konflik di Daftur. Tuduhan itu telah dibantah Bashir.

PBB mengatakan lebih dari 300. 000 orang tewas dalam konflik tersebut. ICC mengeluarkan surat perintah pengakapannya pada 2009 dan 2010.  ICC yang  tidak memiliki pasukan kepolisian dan mengandalkan negara-negara anggota  untuk melakukan penangkapan.

Sejak surat penangkapan itu dikeluarkan, sebagian besar perjalanan Bashir mengarah ke negara-negara yang bukan anggota ICC. Meski demikian, sejumlah negara anggota ICC yang dikunjungi Bashir pun tak melakukannya, seperti saat ia mengunjungi Nigeria pada Juli 2013. Ia pun dapat meninggalkan  Afrika Selatan setelah menghadiri konferensi Uni Afrika (UA) Juni 2015 lalu.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif