Soloraya
Selasa, 27 Oktober 2015 - 01:40 WIB

ELPIJI 3 KG : Sukoharjo Ajukan Tambahan Kuota

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengisian elpiji 3 kg di depo Pertamina (Paulus Tandi Bone/JIBI/Bisnis)

Elpiji 3 Kg, Disperindag Sukoharjo mengajukan tambahan kuota pda 2016.

Solopos.com, SUKOHARJO–Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sukoharjo mengajukan tambahan kuota harian elpiji ukuran 3kg 2016 sebesar 15 persen atau sekitar 3.600 tabung dari total kuota harian sebanyak 24.598 tabung.

Advertisement

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah permintaan elpiji 3kg di pasaran.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Sukoharjo, Bambang Sri Setiyono, mengatakan untuk mengantisipasi penambahan jumlah keluarga maka ia mengajukan kuota harian pada 2016 sebesar 15 persen atau sekitar 3.600 tabung.
“Kebutuhan elpiji 3kg bakal meningkat karena dipengaruhi bertambahnya jumlah keluarga pada tahun depan. Kondisi ini harus diantisipasi dengan penambahan kuota elpiji 3kg,” kata dia saat ditemui Solopos.com di kantornya, Senin (26/10/2015).

Selain jumlah keluarga, dipastikan jumlah pelaku usaha mikro di Kabupaten Jamu juga bertambah pada tahun depan. Mereka membutuhkan elpiji 3kg untuk menjalankan roda bisnis masing-masing. Kondisi ini bakal berdampak pada meningkatnya permintaan elpiji 3kg di pasaran.

Advertisement

Menurut Bambang, Gubernur Jateng akan melaporkan tambahan kuota elpiji 3kg yang diajukan masing-masing daerah se-Jateng kepada pemerintah pusat.

“Setiap daerah akan mengajukan tambahan kuota elpiji 3kg. Kewenangan tetap berada di pemerintah pusat,” ujar dia.

Sebenarnya, ia selalu mengajukan tambahan kuota elpiji 3kg setiap tahun. Tahun lalu, tambahan kuota elpiji 3kg yang diajukan juga sebesar 15 persen dari kuota harian. Namun, tambahan kuota elpiji 3kg yang disetujui pemerintah pusat hanya sebesar enam persen.

Advertisement

“Setiap daerah se-Soloraya juga mengajukan tambahan kuota elpiji 3kg. Biasanya, tambahan kuota elpiji 3kg yang disetujui kurang dari 10 persen,” tutur Bambang.

Bambang menambahkan terdapat 12 agen elpiji 3kg di wilayah Sukoharjo. Gudang elpiji 3kg terdapat di beberapa lokasi seperti di Kecamatan Kartasura, Grogol dan Sukoharjo. “Para agen elpiji 3kg melayani permintaan hingga wilayah Kecamatan Bulu dan Weru.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif