Jateng
Senin, 26 Oktober 2015 - 12:51 WIB

PENDIDIKAN TINGGI : Universitas Terbuka Terima Lulusan Santri Ponpes

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembantu Rektor IV UT Mohamad Yunus (tiga dari kiri) seusai mesosialisasikan kuliah di UT untuk para santri pada acara Gebyar Pesantren UT 2015 di Ponpes Ma’hadul ‘Ilmu As Syarie (MIS) Desa Karangmangu, Kecamatan Sarang, Rembang, Kamis (22/10/2015) malam. (Istimewa)

Pendidikan tinggi terbuka lebar bagi para lulusan santri pondok pesantren dari Universitas Terbuka (UT). 

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Universitas Terbuka (UT) memberikan kemudahan kepada para santri lulusan pondok pesantren setingkat SMA sederajat untuk melanjutkan kuliah
Pembantu Rektor IV UT Mohamad Yunus mengatakan bila santri sudah memiliki ijazah dari pesantren setingkat SMA sederajat bisa mendaftar kuliah di UT.

Advertisement

“UT menerima ijazah dari pondok pesantren sehingga santri tidak perlu lagi harus mencari ijazah Kejar Paket C untuk mendaftar kuliah di UT,” katanya dalam rilis di Semarang, Minggu (25/10/2015).

UT lanjut dia, menyediakan ribuan beasiswa bagi para santri, terutama santri yang kurang mampu serta memiliki indeks prestasi (IP) tiga ke atas. “Beasiswa bisa diberikan secara penuh selama kuliah, delapan semester,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Yunus menyatakan selama mengikuti kuliah para santri tidak perlu meninggalkan pondok pesantren (ponpes) karena UT memberikan sistim modul pembelajaran jarak jauh melalui media internet ataupun media lainnya.

Advertisement

Para santri bisa mengikuti modul pembelajaran sambil terus melanjut aktivitas di ponpes. “”Lewat modul pembelajaran melalui internet ataupun media lainnya bisa dijangkau para santri tanpa haru ke luar dari ponpes,” tandasnya.

Dia menambahkan telah mensosialisikan program kuliah di UT kepada sekitar 800 santri pada acara Gebyar Pesantren UT 2015 untuk memperingati Hari Santri Nasional di Ponpes Ma’hadul ‘Ilmu As Syarie (MIS) Desa Karangmangu, Kecamatan Sarang, Rembang, Kamis (22/10) malam.
Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) wilayah Semarang Purwaningdyah Murti Wahyuni menambahkan kesiapan menerima para santri untuk kuliah di UT.

“Pada prinsipnya UT terbuka bagi setiap warga negara termasuk para santri di ponpes,” ungkap dia.
Sementara itu, pengasuh Ponpes MIS Sarang Rembang Imam Baehaqi menyambut baik kesempatan yang diberikan UT kepada para santri untuk kuliah.

Advertisement

“Insya Allah Ponpes MIS pada 2016 akan membuka pendaftaran kuliah di UT bagi para santri,” ujar dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif