News
Sabtu, 24 Oktober 2015 - 20:00 WIB

KEBAKARAN HUTAN : BNPB: Hanya 3 Pulau Bebas Asap, Inilah Daerahnya

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Polisi dan warga menanggulangi kebakaran hutan di Wonogiri, Sabtu (18/10/2014). (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Kebakaran hutan, BNPB melansir tiga pulau di Indonesia masih bebas dari asap.

Solopos.com, JAKARTA--Nyaris semua wilayah Indonesia terpapar kabut asap. Bahkan menurut BNPB hanya sedikit pulau yang belum tertutup asap.

Advertisement

“Hanya Jawa, Bali dan Nusa Tenggara yang belum ditutup asap. Asap makin luas dan tak terkendali,” tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di akun twitternya, Sabtu (24/10/2015).  Sutopo melampirkan foto citra satelit cuaca Himawari yang menggambarkan sebaran asap per pukul 13.30 WIB.

Dia membeberkan sejumlah wilayah yang sengaja dibakar lengkap dengan gambar citra satelit.
“Pembakaran di daerah perbatasan TN Sembilang Sumsel juga dilakukan untuk perluasan kebun. Aparat terbatas jumlahnya,” ujar dia.

Selain itu, Taman Nasional Way Kambas Lampung habitat Gajah Sumatra juga dirambah dan dibakar. Oknum tidak ada takutnya melakukan perluasan lahan.

Advertisement

Sutopo juga menginformasikan jumlah hotspot tanggal 17-23 Oktober 2015 di sekitar Taman Nasional Berbak Jambi yang berjumlah 496 titik. “Habitat Harimau Sumatra pun dibakar,” ujar dia.

Pada bagian lain, Sutopo melampirkan citra satelit yang menggambarkan asap dari Kabupaten Merauke dan Mappi Provinsi Papua menyebar ke arah timur-timur laut sehingga menutup Maluku dan sekitarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif