Otomotif
Sabtu, 24 Oktober 2015 - 08:10 WIB

BURSA MOBIL : Rusia Siap Sikut Mobil Jepang di Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lada Vesta (Carscoops.com)

Bursa mobil Indonesia akan kedatangan produk asal Rusia.

Solopos.com, JAKARTA – Selain menjual pesawat, Rusia tak lama lagi juga akan terjun ke bursa mobil Indonesia. Setidaknya ada dua pabrikan mobil Rusia yang siap saling sikut dengan pabrikan mobil asal Jepang.

Advertisement

Direktur Industri Alat Transportasi Darat Kementerian Perindustrian, Suryono menjelaskan dua pabrikan mobil asal Rusia yang segera masuk ke bursa mobil Tanah Air adalah Lada dan Gaz.

“Ada Lada dan Gaz, mereka mau coba masuk ke sini,” ujar Suryono sebagaimana dilansir laman Liputan6, Jumat (23/10/2015).

Menurutnya, mobil besutan Lada dan Gaz memiliki kualitas yang tak kalah dari mobil Jepang. Nama dua merek itu juga sangat populer di Rusia bahkan mengalahkan mobil racikan Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat.

Advertisement

Kendati demikian, kualitas yang baik saja belum cukup untuk bersaing di Indonesia. Menurut Suryono, dua pabrikan itu harus mampu memperkenalkan diri dan menarik minat konsumen Indonesia yang mayoritas lebih akrab dengan mobil Jepang.

“Itu penting, jangan sampai sudah ada di sini tapi orang Indonesia tidak suka produk mereka. Tapi kami pastikan image mereka bagus,” terangnya.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Lada merupakan pabrikan yang kerap menciptakan mobil dengan harga merakyat. Pada awal kemunculannya desain mobil Lada mirip dengan Volvo.

Advertisement

Akan tetapi, saat ini desain Lada lebih modern dan stylish karena pabrikan yang bermarkas di Tolyatti itu mendapat pengaruh dari Nissan-Renault Alliance.

Sedangkan Gaz di bursa mobil Rusia lebih dikenal sebagai produsen mobil mewah dan mobil pejabat. Bahkan Presiden pertama RI, Soekarno, tercatat pernah memiliki satu unit mobil Gaz lansiran 1959.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif